Pemula Wajib Tahu Begini Cara Pakai Motor Kopling di Tanjakan Biar Enggak Malu-maluin - Viva - Opsiin

Informasi Pilihanku

demo-image
demo-image

Pemula Wajib Tahu Begini Cara Pakai Motor Kopling di Tanjakan Biar Enggak Malu-maluin - Viva

Share This
Responsive Ads Here

 

Pemula Wajib Tahu Begini Cara Pakai Motor Kopling di Tanjakan Biar Enggak Malu-maluin

    66867305353f7-astra-honda-safety-riding-instructors-competition-2024_665_374

    Jumat, 9 Mei 2025 - 21:16 WIB

    VIVA – Mengendarai motor dengan transmisi manual kopling tidak semudah mengoperasikan motor matik untuk sebagian orang. Terutama jika bertemu jalanan menanjak.

    Jalan menanjak merupakan salah satu kontur yang memerlukan teknik berbeda saat mengendarai motor kopling. Jenis jalan tersebut kerap ditemukan di sejumlah daerah, atau antar provinsi di Indonesia.

    Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (jaringan diler motor Honda di Jawa Barat), Ludhy Kusuma menjelaskan, dalam keadaan menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi.

    Dalam kondisi putaran mesin yang tinggi, lebih lanjut dia menjelaskan bahwa penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling akan membuat part pada bagian kopling cepat habis atau aus.

    "Selain itu juga hindari jari yang bersiap di tuas kopling, agar pengendalian stang motor juga lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang,” ujar Kusuma dikutip dari keterangannya, Jumat 9 Mei 2025.

    Menurutnya setiap tanjakan selalu pastikan kaki kanan bersiap di rem belakang, agar saat motor berhenti mendadak, alias terjadi kemacetan, motor bisa berhenti dengan stabil, dan tidak akan mundur lagi.

    Menggunakan motor kopling, atau transmisi manual memang membutuhkan usaha yang lebih salah agar motor tetap melaju dengan baik tanpa membuat kampas kopling cepat habis, dan tetap nyaman diperjalanan.

    Bagi pemula, hal yang perlu diperhatikan saat bertemu jalan menanjak pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi, atau transmisi yang masuk. 

    Pengendara bisa menggunakan gigi rendah untuk memperkuat torsi, atau tenaga motor untuk melewati tanjakan tersebut. 

    “Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan saat menanjak karena hal tersebut akan membuat usia kampas kopling cepat habis dan membuat tangan kita menjadi lebih pegal karena harus terus bersiap di tuas kopling,” sambungnya.

    Tips tersebut berguna buat pemula, atau mereka yang baru memiliki motor kopling agar tidak malu-maluin saat touring bareng komunitas, atau teman sejawatnya.

    Bagi pemula, hal yang perlu diperhatikan saat bertemu jalan menanjakan pastikan untuk tidak menarik tuas kopling terlalu lama dalam posisi gigi, atau transmisi yang masuk.

    Pengendara bisa menggunakan gigi rendah untuk memperkuat torsi, atau tenaga motor untuk melewati tanjakan tersebut. 

    "Kurangi penggunaan kopling yang berlebihan saat menanjak karena hal tersebut akan membuat usia kampas kopling cepat habis dan membuat tangan kita menjadi lebih pegal karena harus terus bersiap di tuas kopling,” sambungnya.

    Comment Using!!

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Opsi lain

    Arenanews

    Berbagi Informasi

    Media Informasi

    Opsiinfo9

    Post Bottom Ad

    Pages