Pilihan

Calon Peserta UTBK Bidikmisi Asli Surabaya Bisa Rapid Test Gratis Besok - detik

Calon Peserta UTBK Bidikmisi Asli Surabaya Bisa Rapid Test Gratis Besok - detik

Esti Widiyana - detikNews
Jumat, 03 Jul 2020 19:35 WIB
Calon peserta UTBK bidikmisi yang merupakan warga Surabaya bisa menjalani rapid test gratis mulai Sabtu (4/7). Yakni di Puskesmas terdekat.
Puskesmas Ngagel Rejo/Foto: Esti Widiyana
Surabaya -

Calon peserta UTBK bidikmisi yang merupakan warga Surabaya bisa menjalani rapid test gratis mulai Sabtu (4/7). Yakni di Puskesmas terdekat.

Kamis (2/7), Surat edaran (SE) Wali Kota Surabaya perihal syarat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang akan dilakukan di empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Surabaya, dikeluarkan. Salah satu poin yang disebutkan dalam SE tersebut yakni mewajibkan seluruh peserta UTBK menunjukkan hasil nonreaktif rapid test atau swab test yang hasilnya negatif, yang dikeluarkan selambat-lambatnya 14 hari sebelum mengikuti ujian.

Pemkot Surabaya pun memberikan rapid test gratis di Puskesmas bagi calon peserta yang tergabung dalam program bidikmisi. Caranya menunjukkan KIP (Kartu Indonesia Pintar) dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) kepada petugas Puskesmas.


Namun Puskesmas di Surabaya baru mengambil rapid test dari Dinkes. Rencananya, rapid test gratis itu akan dilakukan mulai Sabtu (4/7). Sementara UTBK akan digelar Minggu (5/7).

"Kami masih ambil rapid, bahannya kan baru dibagi hari ini. Kita masih siap-siap, kalau ada yang datang yang kami layani. Tapi ini (alatnya) masih otw ke Puskesmas, karena kita juga persiapan, nyiapkan alatnya dan apanya," kata Kepala Puskesmas Ngagel Endang Susilowati saat dihubungi detikcom, Jumat (3/7/2020).

Tetapi, kata Endang, pihaknya sudah mengumumkan ke masing-masing RW, dan lurah lewat komunitasnya. Hari ini pun tak ada calon peserta yang datang ke Puskesmas Ngagel.

"Kayaknya besok banyak. Iya (besok) karena mereka harus foto copy KIP. Sama dengan yang lain syaratnya, jadi foto copy peserta UTBK, kemudian foto copy KTP/KK, foto copy KIPK," jelasnya.

Dia mengatakan, pihaknya mendapat kuota 140 rapid test untuk calon peserta UTBK. Pihaknya juga tidak membatasi kuota per hari, hanya jamnya saja.

"Jam 09.00 sampai jam 14.00 WIB kami layani. Kalau hasilnya itu langsung, cuman kita kan harus ngetik satu per satu, kan ada form-nya, kalau dia mau nunggu yah nggak papa. Kalau nunggu palingkan 20 menit sudah selesai itu hasilnya. Jadi pengerjaan 20 menit pengerjaan sudah selesai," jelasnya.

Di Puskesmas Wonokromo pun demikian. Pelayanan rapid test untuk calon peserta UTBK akan dilakukan mulai besok. Bahkan pelayanan itu berdasarkan perintah dari Dinkes Surabaya.


"Kita mulai melayani besok, karena memang reagen-nya baru kita ambil siang ini 140 rapid test," kata Kepala Puskesmas Wonokromo, dr Era Kartikawati.

Hari ini, di Puskesmas Wonokromo juga belum ada calon peserta UTBK yang mendatangi Puskesmas untuk rapid test. Namun, pihaknya sudah siap menerima pelayanan rapid test untuk peserta bidikmisi.

"Kalau kita prinsipnya kita siap kok, tenaganya kami juga sudah ada. Dipastikan besok, Sabtu dan Minggu pukul 09.00 itu perintahnya," pungkasnya.




(sun/bdh)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek