Inilah Alasan Thailand Dijuluki Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara - inews

Inilah Alasan Thailand Dijuluki Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara

Inilah Alasan Thailand Dijuluki Sebagai Lumbung Padi di Asia Tenggara
Kenapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi di Asia Tenggara? (Foto: Pexels)

JAKARTA, iNews.id - Kenapa Thailand dijuluki sebagai lumbung padi di Asia Tenggara? Berikut penjelasannya.

Secara astronomis letak Thailand berada di 6°LU - 107°LU dan 97°BT - 107°BT. Alhasil negara ini berada di daratan Asia Tenggara dan sebagian di Semenanjung Malaka.

Thailand dijuluki sebagai lumbung padi di Asia Tenggara karena negara ini mampu menghasilkan banyak beras setiap tahunnya.

Melansir buku 'Peradaban Thailand' karya Muslim Busrowi, salah satu kawasan lumbung padi di Thailand berada di Suphan Buri. Lokasi ini jaraknya sekitar 150 km dari Ibu Kota Bangkok.

Kawasan Suphan Buri memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Hal ini menyebabkan Thailand menjadi negara pengekspor beras terbesar di dunia. Dalam setahun, lumbung padi di Suphan Buri dapat panen sampai empat kali.

Bahkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang mengimpor beras dari Thailand. Dalam satu tahun jumlahnya dibatasi hanya satu juta ton. Oleh sebab itu, negara yang dijuluki lumbung padi dunia adalah negara Thailand. 

Selain dikenal sebagai lumbung padi Asia Tenggara, negara di kawasan Asia Tenggara yang mendapatkan julukan The East Venesia adalah Thailand, tepatnya di Ayutthaya.


Informasi lainnya dan terkini di https://opsimin.wordpress.com/
Opsi Media Informasi Group X Kamidi
[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Featured, Pilihan, Thailand]

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya