Mengenal Danau Kembar di Sumatera Barat yang Eksotis, Pemandangannya Mirip Luar Negeri - inews


Mengenal Danau Kembar di Sumatera Barat yang Eksotis, Pemandangannya Mirip Luar Negeri

Mengenal Danau Kembar di Sumatera Barat yang Eksotis, Pemandangannya Mirip Luar Negeri
Keindahan Danau Kembar di Sumatera Barat (Foto: Instagram@dedetsaugia)

JAKARTA, iNews.id - Danau Kembar di Sumatera Barat sangat populer di kalangan wisatawan. Danau ini disebut kembar karena memiliki kesamaan dan terlihat indah. 

Ya, Sumatera Barat memiliki keindahan alam memesona yang menjadi tujuan wisata bagi para wisatawan lokal maupun turis mancanegara. 

Salah satu wisata atraksi yang banyak jadi tujuan wisatawan ini adalah Danau Kembar, di Kecamatan Lembang Jaya dan Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera Barat. Ya danau ini terlihat eksotis, bahkan mirip seperti di luar negeri. 

Sesuai dengan namanya, danau ini mirip satu sama lain alias kembar dan jaraknya saling berdekatan yaitu 300 meter. Meskipun terlihat sama, bentuk dan luas kedua danau berbeda. 

Penasaran ingin tahu seperti apa keindahan Danau Kembar di Sumatera yang bisa dijelajahi? Berikut ulasannya dirangkum pada Rabu (11/1/2023). 

Danau Kembar

Pesona keindahan Danau Kembar memikat wisatawan untuk berkunjung. Bagi masyarakat setempat, danau ini juga biasa disebut Danau Atas dan Danau Bawah. Namun uniknya, penamaan tersebut tidak sesuai dengan posisi dari danau - danau tersebut. Danau yang ada di atas malah disebut Danau Bawah. Kemudian, Danau yang ada di bawah sebut Danau Atas.

Danau Atas merupakan hulu dari Sungai Batanghari yang membelah Pulau Sumatera dan bermuara di Selat Malaka. Sedangkan Danau Bawah, hingga saat ini belum diketahui secara pasti ke mana air dari Danau Bawah dialirkan. Sebab, tidak temui sungai yang berhulu di danau ini.

Ketika berada di sini, Anda harus berhati-hati. Danau Atas memang terbilang dangkal, titik terdalam danau ini hanya 44 meter. Beda halnya dengan Danau Bawah yang titik terdalamnya berada di 884 meter dari muka air. Saking dalamnya, masyarakat tidak berani membawa perahu hingga ke tengah danau.

Tak hanya pesona dari Danau Kembar saja yang menjadi daya tarik wisatawan saat di sini. Bentang alam sekitar yang dikelilingi dengan vegetasi hijau, bukit-bukit, dan air danau kebiruan dan jernih membuat wisatawan betah berlama-lama di sini.

Legenda di balik Danau Kembar

Di balik keindahan Danau Kembar, ternyata ada legenda yang berkembang. Berdasarkan cerita dari masyarakat jika di dasar danau tersebut terdapat ular dengan ukuran yang sangat besar. Ular tersebut kemudian dibunuh oleh Niniak Gadang Bahkan yang kemudian dibuang. Bangkainya membentuk angka delapan, dan air mulai menggenang sehingga membentuk dua danau tersebut. 

Aktivitas seru di Danau Kembar

Ada berbagai aktivitas yang bisa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke Danau Kembar, antara lain seperti menjelajahi Danau. Anda akan dibawa menelusuri danau menggunakan perahu yang telah disediakan bagi para pengunjung. Tentunya akan jadi pengalaman tak terlupakan ketika menikmati danau kembar dengan terpaan angin yang sejuk.

Selain itu bisa memancing. Di danau ini Anda juga diperbolehkan untuk memancing. Pemandangan landscape dari Danau Kembar bisa jadi lukisan indah yang dinikmati sembari menunggu ikan yang tersangkut dengan kail. Jika ingin beraktivitas outbound juga bisa. Orang dewasa dan anak-anak bisa melakukan aktivitas dengan latar belakang perbukitan serta danau.

Wisatawan yang tak sempat menyiapkan bekal tak perlu khawatir, karena di sana terdapat beberapa penjual makanan yang siap melayani. Bahkan Anda juga bisa menginap di sekitar kawasan Danau Kembar ini. Pada kawasan Danau Atas disediakan ruang pertemuan (convention hall) yang dapat menampung hingga 500 orang. Selain itu beberapa permainan anak serta area berenang juga tersedia di kawasan ini.

Informasi lainnya dan terkini di https://opsimin.wordpress.com/
Opsi Media Informasi Group X Kamidi
[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Featured, Pilihan,Danau Kembar, Sumatera Barat]

Baca Juga

Komentar

 Pusatin Informasi 


 Postingan Lainnya