Bank Syariah Indonesia Cari Investor Pengganti BRI dan BNI - Beritasatu

 

Bank Syariah Indonesia Cari Investor Pengganti BRI dan BNI

Rabu, 15 Februari 2023 | 12:17 WIB
Oleh: Nida Sahara / FMB

Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kedua kanan) bersama jajaran Direksi BSI lainnya saat seremoni pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia dalam rangka pelaksanaan right issue PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) di Bursa Efek Indonesia, Senin, 26 Desember 2022.
Direktur Utama BSI Hery Gunardi (kedua kanan) bersama jajaran Direksi BSI lainnya saat seremoni pembukaan perdagangan Bursa Efek Indonesia dalam rangka pelaksanaan right issue PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) di Bursa Efek Indonesia, Senin, 26 Desember 2022. (Foto: B Universe Photo/HO)

Jakarta, Beritasatu.com - Kementerian BUMN mengatakan, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI atau BRIS) mencari investor strategis untuk menggantikan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) yang perlahan bakal keluar dari struktur pemegang saham BSI.

Advertisement

Demikian disampaikan Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo di sela acara BSI Global Islamic Finance Summit 2023, di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Pria yang akrab disapa Tiko itu mengatakan pemegang saham pengendali (PSP) masih akan dimiliki oleh PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

“BSI ingin menambah floating lagi. Dari pemegang saham pengendali sekarang Bank Mandiri, akan jadi pengendali selamanya dan ada strategis (investor). BRI, BNI perlahan akan keluar dari BSI, ini kita lihat peluang pasar,” kata Tiko.

Advertisement

Hal tersebut merupakan strategi untuk mendorong pangsa pasar (market share) BSI di global. Sesuai dengan target menjadi Top 10 Bank Syariah Global di tahun 2025 mendatang. “Kalau pemegang saham ini exit (BRI dan BNI) siapa yang bisa gantikan dan berapa size-nya? Ini berproses dan terus diskusi dengan yang potensial,” ucap Tiko.

Merujuk data RTI, kepemilikan saham BSI terdiri dari Bank Mandiri yang sebesar 51,47% atau menjadi PSP, kemudian BNI 23,24%, BRI sebesar 15,38%, serta masyarakat 9,91%.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar