Pilihan

BMKG : Jayapura Diguncang Gempa Susulan 1.146 Kali sejak Awal Januari 2023 - inews

 

BMKG : Jayapura Diguncang Gempa Susulan 1.146 Kali sejak Awal Januari 2023

BMKG : Jayapura Diguncang Gempa Susulan 1.146 Kali sejak Awal Januari 2023
Jayapura diguncang gempa susulan 1.146 kali sejak awal Januari 2023. (Foto Antara).

JAKARTA, iNews.id - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan sebanyak 1.146 kali gempa susulan telah mengguncang Jayapura Papua sejak 2 Januari hingga 10 Februari 2023. Sebanyak 158 kali kejadian gempa dirasakan masyarakat.

“Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 2 Januari 2023 hingga Jumat, 10 Februari 2023 06:40 WIT telah terjadi gempa bumi di wilayah sekitar Kota Jayapura sebanyak 1146 kali dengan 158 kejadian diantaranya dirasakan oleh masyarakat,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya, Jumat (10/2/2023).

Latest Articles

0:01/0:50

Sementara itu, hari ini rentetan gempa juga masih mengguncang wilayah Kota Jayapura paling besar dengan kekuatan M4.0 pada pukul 06.28 WIT. Gempa tersebut berlokasi di laut dengan kedalaman 7 km.

BMKG mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter, kedalaman hiposenter dan mekanisme patahan, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar lokal yang melintas di wilayah Kota Jayapura.

“Gempa bumi dirasakan oleh masyarakat di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu),” ungkap BMKG.

BMKG pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

“Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News


[Category Opsiin, Media Informasi]


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek