Pilihan

Cak Imin Usulkan Dana Desa Rp 5 Miliar Per Tahun By BeritaSatu

 

Cak Imin Usulkan Dana Desa Rp 5 Miliar Per Tahun

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
Muhaimin Iskandar.
Muhaimin Iskandar.

Jakarta, Beritasatu.com - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengusulkan dana desa yang dialokasikan dari APBN sebesar Rp 5 miliar per desa per tahun. Menurut Cak Imin, alokasi dana desa sekarang yang sebesar Rp 1 miliar belum cukup untuk memajukan pembangunan di desa.

Hal ini disampaikan Cak Imin sebagai sebagai upayanya mengawal mandat dari para kepala desa (kades) se-Jawa Timur di Rumah Cokelat, Kabupaten Blitar, Selasa (14/2/2023).

"Sudah menjadi keyakinan saya sejak kecil kalau kita berhasil membangun desa maka berhasil pulalah pembangunan nasional. Saya kok yakin APBN kita masih cukup membiayai setahun Rp 5 miliar setiap desa,” ujar Cak Imin di Jakarta, Rabu (15/2/2023).

Cak Imin atau Gus Muhaimin menegaskan pembangunan yang paling efektif harus dimulai dari desa. Anggaran yang dialokasikan bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat desa. Bahkan, Cak Imin sangat optimistis negara mampu mengalokasikan

Sebelumnya, Cak Imin menyebutkan ada tiga hal yang harus diperhatikan oleh pemerintah desa. Pertama, pemerintah desa harus mampu menggunakan alokasi anggaran desa secara akuntabel. Kedua, pelaksanaan pembangunan desa harus mengedepankan partisipasi masyarakat. Ketiga, harus ada sistem kontrol yang berjalan secara efektif di desa.

"Selama enam tahun alokasi dana desa ini, para kepala desa mulai belajar dengan baik dan terlaksana dengan baik. Tiga syarat itu yang perlu dipersiapkan sehingga kalau benar saya diamanati memimpin republik ini, saya akan melaksanakan sepenuhnya aspirasi pembangunan yang berpusat dari desa," kata Cak Imin.

Wakil Ketua DPR ini mengatakan peningkatan sumber daya manusia (SDM) di desa mutlak diperlukan, selain peningkatan ekonomi kerakyatan yang bertumpu pada resources desa.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek