Disdag Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras, Bulog Pastikan Stok Aman 3 Bulan ke Depan - inews

 

Disdag Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras, Bulog Pastikan Stok Aman 3 Bulan ke Depan

Disdag Gunungkidul Gelar Operasi Pasar Beras, Bulog Pastikan Stok Aman 3 Bulan ke Depan
Disdag Gunungkidul mulai melancarkan operasi pasar (OP) beras. (foto iNews.id : erfan erlin)

GUNUNGKIDUL, iNews.id-Dinas Perdagangan (Disdag) Gunungkidul mulai melancarkan operasi pasar (OP) beras. Tiga Kelurahan bakal menjadi sasaran operasi beras yang mereka laksanakan menjelang Ramadan ini.

Kepala Bidang Perdagangan, Disdag Gunungkidul, Asih Wulandari mengatakan Operasi Pasar (OP) Beras Murah menggandeng Badan Urusan Logistik (Bulog). Ada 3 titik yang bakal mereka laksanakan pekan ini.
"Tiga kelurahan di tiga Kapanewon berbeda," kata dia, Selasa (14/2/2023).
 
Ketiganya adalah Kalurahan Putat Kapanaewon Patuk; Kapanewon Paliyan dan Kalurahan Kepek, Wonosari. Dan hari Selasa ini mereka menggelarnya di Kapanewon Patuk yaitu di Kelurahan Putat.

Rencananya Rabu (15/02/2023) besok akan dilaksanakan di Balai Kapanewon Paliyan dan Sabtu (18/02/2023) di Balai Kalurahan Kepek, Wonosari. Masing-masing titik akan disediakan beras sebanyak 2 ton.

Beras sendiri berasal dari distributor yang menjadi mitra Bulog. Dan untuk harganya Rp9.400 per kilogram (kg). Pihaknya tidak membatasi pembelian karena tergantung permintaan.

Pihaknya juga berkoordinasi dengan kalurahan sasaran untuk mendata permintaan beras. Jika nantinya ada lonjakan permintaan, maka stok beras yang ada akan disesuaikan.

Asih mengatakan saat ini harga beras masih stabil tinggi di kisaran Rp11.000 hingga Rp12.000 per kg. Namun harga tinggi ini dinilai masih dalam batas wajar. Salah satu upaya pengendalian adalah melalui OP seperti ini, agar tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah harganya.

Norma, perwakilan kepala gudang Bulog Logandeng, Playen memastikan persediaan beras di gudang Bulog Gunungkidul masih aman untuk memenuhi permintaan. Termasuk dalam menghadapi bulan puasa hingga Idul Fitri. "Setidaknya aman hingga 3 bulan ke depan," kata Norma.

Editor : Ainun Najib

Follow Berita iNewsYogya di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button
[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar