Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Jasa Marga Targetkan Seluruh Jalan Tol Punya PLTS Sendiri - Beritasatu

 

Jasa Marga Targetkan Seluruh Jalan Tol Punya PLTS Sendiri

Minggu, 26 Februari 2023 | 16:03 WIB
Oleh: Muawwan Daelami / FER

Ilustrasi jalan tol.
Ilustrasi jalan tol. (Foto: Dok)

Jakarta, Beritasatu.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (Jasa Marga) menargetkan pengembangan pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di seluruh jalan tol milik perseroan.

Advertisement

Target tersebut dibuktikan dengan ditandatanganinya perpanjangan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara perseroan dan PT Bukit Asam (Persero) Tbk atau PTBA.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menyampaikan, kerja sama antara perseroan dan PTBA terkait pengembangan PLTS di jalan tol patut dilanjutkan.

"Pertimbangannya, kerja sama ini berpotensi besar untuk mendukung kegiatan operasional dan aspek komersial serta bisnis prospektif yang diharapkan dapat memberikan nilai tambah. Nilai tambah itu dihasilkan dari pengelolaan jalan tol yang berkelanjutan berbasis green environment dan green energy," kata Surbakti, Minggu (26/2/2023).

Advertisement

Menurut Subakti, ukuran kesuksesan perusahaan itu tidak hanya dilihat dari aspek finansial, tetapi juga perhatiannya terhadap dampak lingkungan dan sosial bagi para pemangku kepentingan.

"Hal ini mencerminkan fokus perseroan dalam membangun sustainable corporation sesuai konsep triple bottom line, menyeimbangkan aspek People, Planet dan Profit dalam menjalankan aktivitas bisnis perusahaan,” ujarnya.

Sementara itu Direktur Utama PTBA Arsal Ismail menambahkan, sebagai anggota Grup Mind ID, Bukit Asam tengah mendiversifikasi bisnis untuk menjadi perusahaan energi dan kimia kelas dunia terintegrasi dan berkelanjutan. Salah satunya dengan masuk ke bisnis energi baru terbarukan (EBT).

Kerja sama dengan Jasa Marga ini, lanjut dia, sejalan dengan transformasi perseroan. Sebab, di samping berkontribusi signifikan bagi pendapatan negara, Arsal menuturkan, perseroan juga harus menjaga kelestarian lingkungan. "Makanya, kami ingin turut serta menciptakan kehidupan berkelanjutan di masa depan," imbuhnya.

Sebelumnya, PTBA melalui anak perusahaannya, PT Bukit Energi Investama (BEI), telah membangun PLTS berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp) di Jalan Tol Bali-Mandara untuk mendukung kegiatan dan operasional anak usaha Jasa Marga yakni PT Jasamarga Bali Tol (JBT).

PLTS Jalan Tol Bali Mandara yang diresmikan 21 September 2022 lalu terbukti berhasil menekan efisiensi energi dan biaya operasional, serta mendukung Presidensi G20 Indonesia November 2022.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek