Jepang Awasi Objek Udara di Wilayahnya Usai Insiden Balon Mata-mata Tiongkok - Beritasatu

 

Jepang Awasi Objek Udara di Wilayahnya Usai Insiden Balon Mata-mata Tiongkok

Jumat, 10 Februari 2023 | 07:23 WIB
Oleh: Surya Lesmana / LES

Foto yang diambil pada 1 Februari 2023 menunjukkan benda udara yang dicurigai balon mata-mata Tiongkok yang di langit di atas Billings, Montana, AS.
Foto yang diambil pada 1 Februari 2023 menunjukkan benda udara yang dicurigai balon mata-mata Tiongkok yang di langit di atas Billings, Montana, AS. (Foto: AFP)

Tokyo, Beritasatu.com – Jepang semakin aktif menganalisis objek udara di wilayahnya setelah insiden balon mata-mata Tiongkok yang ditembak jatuh jet tempur AS.

Advertisement

Jepang mengaku, sedang berkoordinasi dengan Washington terkait objek udara yang terlihat di negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

"Kami sedang berkomunikasi dengan Amerika Serikat tetapi kami menolak mengomentari informasi diplomatik ini," kata kepala juru bicara pemerintah Hirokazu Matsuno kepada wartawan, Kamis (9/2/2023).

"Karena itu, kami menganalisis objek udara yang diamati di atas Jepang pada Juni 2020 dan September 2021, termasuk kaitannya dengan kasus di Amerika Serikat".

Advertisement

Benda mirip balon mata-mata Tiongkok sempat terlihat di Jepang utara pada Juni 2020, dengan penduduk setempat memposting gambar di media sosial.

Pihak berwenang kemudian mengatakan bahwa mereka bingung dengan objek tersebut, yang dalam gambar close-up oleh warga dan media tampak terdiri dari balon yang dipasang pada tongkat bersilang dengan baling-baling.

Badan meteorologi Jepang mengatakan pada saat itu bahwa balon itu tampak seperti alat pemantau cuaca tetapi bukan milik mereka.

Pemerintah menolak saran bahwa itu mungkin milik pemerintah asing, tetapi kehebohan baru-baru ini atas dugaan balon mata-mata yang ditembak jatuh jet tempur setelah melewati AS telah mendorong Tokyo untuk evaluasi ulang.

Matsuno juga mengungkapkan bahwa "pemerintah telah melihat balon serupa yang afiliasinya tidak diketahui", termasuk pada Januari 2022 di atas laut di barat Kyushu, di barat daya Jepang.

"Kami terus melakukan upaya maksimal untuk mengumpulkan dan menganalisis (informasi) bekerja sama dengan sekutu kami," katanya.

Kementerian pertahanan Jepang mengatakan awal pekan ini bahwa pihaknya melakukan "pengawasan 24 jam, 365 hari atas wilayah udara di atas Jepang".

Tapi menolak untuk mengkonfirmasi apakah balon mata-mata seperti yang ditembak jatuh oleh pasukan AS telah diamati di Jepang.

"Namun, ketika kami mengkonfirmasi kasus invasi wilayah udara, kami membuat pengumuman dengan tepat. Kami tidak pernah mengkonfirmasi atau membuat pengumuman tentang pelanggaran wilayah udara oleh balon," kata kementerian itu menanggapi pertanyaan AFP.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Tekno]

Baca Juga

Komentar