Pilihan

Joe Biden Tegaskan Dukungan AS untuk Status Quo Masjid Al-Aqsa - inews

 

Joe Biden Tegaskan Dukungan AS untuk Status Quo Masjid Al-Aqsa

Joe Biden Tegaskan Dukungan AS untuk Status Quo Masjid Al-Aqsa
Presiden AS Joe Biden. (Foto: Reuters)

WASHINGTON DC, iNews.id – Presiden AS Joe Biden menegaskan dukungannya untuk status quo hukum kompleks Masjid al-Aqsa di Yerusalem. Sikap itu dia sampaikan dalam pertemuan dengan Raja Yordania Abdullah II di Gedung Putih, Washington DC, Kamis (2/2/2023) waktu setempat.

Biden bersama Raja Abdullah  dan Putra Mahkota Yordania, Pangeran Hussein, mengadakan makan siang pribadi di Istana Presiden AS itu. “(Biden) menegaskan kembali sifat persahabatan yang erat dan abadi antara Amerika Serikat dan Yordania,” demikian pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip AFP, Jumat (3/2/2023) WIB.

Belakangan ini ketegangan antara kaum Muslim dan Yahudi kembali meningkat di sekitar Masjid al-Aqsa, sebuah situs di Yerusalem Timur yang begitu dihormati umat Islam. Biden menegaskan kembali kebutuhan kritis untuk melestarikan status quo bersejarah. Politikus Partai Demokrat itu juga mengakui peran penting Yordania sebagai penjaga tempat-tempat suci Islam di Yerusalem.

Sementara mengenai konflik antara Israel dan Palestina, Biden menegaskan kembali posisi Amerika Serikat sebagai “pendukung kuat untuk solusi dua negara”. Dia juga berterima kasih kepada Raja Abdullah atas kemitraannya yang erat dan peran yang dia dan Yordania mainkan sebagai kekuatan stabilitas di Timur Tengah.

Masjid al-Aqsa adalah tempat tersuci ketiga dalam Islam dan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang menyebut kompleks rumah ibadah itu sebagai Kuil Suci (Temple Mount). Di bawah status quo lama, kaum non-Muslim dapat mengunjungi situs tersebut pada waktu-waktu tertentu tetapi tidak diizinkan untuk berdoa di sana.

Dalam beberapa tahun terakhir, semakin banyak orang Yahudi—yang kebanyakan dari mereka adalah kaum nasionalis radikal Israel—yang diam-diam berdoa di kompleks itu. Tindakan mereka membuat marah warga Palestina. 

Pada Januari lalu, Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben Gvir, melakukan kunjungan langsung ke situs tersebut, yang memicu kecaman internasional.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Follow Berita iNews di Google News


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Joe Biden, Featured, Pilihan, Amerika Serikat, Masjid Al Aqsa]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek