Kapal Kandas di Karimunjawa Diduga Picu Kerusakan Terumbu Karang, Polisi Turun Tangan - inews

 

Kapal Kandas di Karimunjawa Diduga Picu Kerusakan Terumbu Karang, Polisi Turun Tangan

Kapal Kandas di Karimunjawa Diduga Picu Kerusakan Terumbu Karang, Polisi Turun Tangan
Lokasi kapal kandas di Perairan Karimunjawa, Kabupaten Jepara. Foto: Ist.

JEPARA, iNews.id - Sebuah Kapal Landing Craft Tank (LCT) Serasi IX kandas dan diduga mengakibatkan kerusakan terumbu karang di Perairan KarimunjawaKabupaten Jepara. Lokasinya berada di zona tradisional perikanan.

Informasi yang dihimpun, Kamis (9/2/2023) sekitar pukul 07.00 WIB, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah I Karimunjawa mendapatkan informasi dan laporan dari Masyarakat Mitra Polhut (MMP) dan warga Desa Kemujan, Karimunjawa, tentang adanya Kapal LCT yang berada di atas terumbu karang di Perairan Gosong Seloka Karimunjawa.  

Petugas kemudian menindaklanjuti dengan cek lokasi, termasuk koordinasi dengan pihak UPP Karimunjawa. Sampai di koordinat S -5.85502/ E 110,48838 pada pukul 09. 40 WIB, tim menjumpai Kapal LCT Serasi IX masih tertahan tidak bisa berpindah akibat kandas di Perairan Gosong Seloka.

Setelah berkoordinasi dengan pihak terkait, kapal tersebut kemudian dapat ditarik dari lokasi itu, dokumen-dokumennya dititipkan di Kantor Syahbandar Karimunjawa. Tim juga mendata ulang, termasuk dokumentasi dan mengecek luas area kerusakan terumbu karang termasuk mendata jenis-jenis karang yang rusak.

Insiden ini juga dilaporkan ke pimpinan di Balai Taman Nasional Karimunjawa yang berpusat di Kota Semarang.  Selain itu, ada juga pelaporan ke Polda Jawa Tengah atas kejadian ini.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Iqbal Alqudusy membenarkan adanya insiden itu.

“Laporan tentang dugaan perusakan terumbu karang di Karimunjawa sudah diterima Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah,” kata Iqbal, Kamis (16/2/2023).

Saat ini, sebut Iqbal, kasus tersebut masih didalami oleh petugas Subdirektorat IV/Tipidter Dit Reskrimsus Polda Jateng. Penanganannya juga dikoordinasikan dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button
[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar