Kemenperin Berdayakan Perajin Emas agar Berdaya Saing Global - BeritaSatu

 

Kemenperin Berdayakan Perajin Emas agar Berdaya Saing Global

Jumat, 17 Februari 2023 | 12:13 WIB
Oleh: Mashud Toarik / WBP

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Iskandar Husin saat membuka Jakarta International Jewellery Fair 2023 ke-14 di Jakarta, Kamis 16 Februari 2023.
Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kemenperin Reni Yanita (kanan) didampingi Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Iskandar Husin saat membuka Jakarta International Jewellery Fair 2023 ke-14 di Jakarta, Kamis 16 Februari 2023. (Foto: Dok)

Jakarta, Beritasatu.com - Pemerintah terus meningkatkan kemampuan perajin emas dan perhiasan Indonesia sehingga makin berdaya saing di tingkat global. Promosi menjadi salah satu cara untuk meningkatkan geliat di industri tersebut.

Advertisement

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian (Kemenperin) Reni Yanita mengatakan, Kemenperin ingin mempromosikan kemampuan pelaku perajin emas Indonesia dari berbagai sisi, baik dari desain dan bahan baku.

"Sehingga perajin emas dan perhiasan bisa mengetahui kemampuannya," kata Reni di sela pembukaan pameran perhiasan bertaraf internasional Jakarta International Jewellery Fair 2023 ke-14 seperti dikutip Investor Daily di Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Untuk itu kata dia, Kemenperin mendukung Jakarta International Jewellery Fair 2023 ke-14 karena di samping diikuti perajin emas juga melibatkan industri permesinan dan desainer perhiasan.

Advertisement

"Jadi ini (pameran) harus dilakukan setiap tahunnya. Saat ini bukan hanya perajin emas yang yang ikut pameran, tetapi juga pelaku-pelaku permesina dan para desainer buat desain baru," jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia (APEPI) Iskandar Husin mengatakan, pameran perhiasan ini merupakan upaya pelaku usaha turut berperan dalam pengembangan investasi di industri kreatif dan perdagangan perhiasan. Kegiata ini juga membuka lapangan kerja di Indonesia.

"Ajang ini bertujuan mempromosikan produk-produk perhiasan kreatif dengan ciri khas desain etnik budaya menggunakan teknologi terkini dalam industri perhiasan dan industri pendukungnya," ujar Iskandar Husin.

Iskandar memaparkan, ajang ini sekaligus sebagai sarana bagi pengusaha kecil dan menengah (UMKM) meningkatkan pangsa pasar dan produk-produk perhiasan. "Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi perhiasan dalam negeri, meningkatkan kesejahteraan pengrajin perhiasan, dan membuka peluang usaha UMKM memasarkan produk-produk," kata dia.

Jakarta International Jewellery Fair 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada 16-19 Februari 2023 diikuti 107 peserta dari dalam dan luar negeri seperti pabrik perhiasan, distributor, toko perhiasan, perajin, permesinan dan kemasan perhiasan serta desainer.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar