Keracunan Massal Mahasiswa Unibraw, Polisi Uji Sampel Makanan - CNN Indonesia

 

Keracunan Massal Mahasiswa Unibraw, Polisi Uji Sampel Makanan

CNN Indonesia
3-4 minutes
Rabu, 08 Feb 2023 18:13 WIB

Usai mengonsumsi makanan di acara Kemah Kerja Mahasiswa, para mahasiswa Universitas Brawijaya mengalami gejala mual, muntah dan diare.

Ilustrasi perawatan rumah sakit. Ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya Istockphoto/Thekopmylife

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Jakarta, CNN Indonesia --

Polres Malang mulai melakukan penyelidikan kasus keracunan massal ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB), saat kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM Fakultas Teknik (FT) di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Kasi Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik mengatakan kepolisian sedang melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan memeriksa sejumlah saksi. Tim Inafis dan kedokteran kepolisian pun diterjunkan.

"Tim Inafis dan Dokpol Polres Malang dibantu Polsek Wagir sudah turun ke TKP," kata Taufik, Rabu (8/2).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Temuan sementara ini, kejadian keracunan massal itu berasal dari makanan yang disantap para mahasiswa Senin (6/2) malam. Usai mengonsumsi makanan itu, kata Taufik, para mahasiswa mulai mengalami gejala mual, muntah dan diare.

"Dugaan sementara ratusan mahasiswa mengalami gejala keracunan dari makanan yang dikonsumsi, masih dalam observasi tim kami," katanya.

Dari olah TKP, kepolisian juga sudah mengamankan sejumlah barang bukti. Berupa sampel makanan dan minuman di lokasi, untuk selanjutnya diobservasi dan uji laboratorium.

"Sudah diamankan, sampel sisa makanan dan minuman dari TKP, termasuk sampel air yang digunakan untuk masak yang diambil dari lokasi tempat pengolahan makanan," katanya.

Ratusan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (UB) keracunan massal saat mengikuti kegiatan Kemah Kerja Mahasiswa (KKM) ke-43 di Desa Jedong, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

"Iya, benar ada KLB (kejadian luar biasa) dengan korban mahasiswa Universitas Brawijaya saat kegiatan di Desa Jedong, Wagir," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang Wiyanto Wijoyo, Selasa (7/2).

Wijoyo menjelaskan ratusan mahasiswa tersebut mengalami keracunan diduga karena makanan yang dikonsumsi. Korban keracunan rata-rata mengalami mual serta diare.

"Penyebabnya karena makanan yang kemudian mengakibatkan mual serta diare," jelasnya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan Puskesmas Wagir, korban keracunan mencapai 510 mahasiswa. Mereka mengalami mual, muntah, serta pusing. Total peserta kegiatan KKM hampir 1200 orang.

"Sampai terkumpul penderita sebanyak 510 mahasiswa dari hasil konfirmasi ke Puskesmas Wagir. Delapan orang alami diare dan harus menjalani perawatan," ujarnya.

(frd/ain)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Polisi Masih Selidiki Penyebab Keracunan Satu Keluarga


[Category Opsiin, Media Informasi]
[Tags Universitas Brawijaya, Featured, Pilihan]

Baca Juga

Komentar