Mahfud MD Yakin Kejagung Sudah Profesional Tangani Kasus Indosurya - Beritasatu

 

Mahfud MD Yakin Kejagung Sudah Profesional Tangani Kasus Indosurya

Selasa, 31 Januari 2023 | 16:30 WIB
Oleh: Andrea Hosana / FFS

Mahfud MD.
Mahfud MD. (Foto: YouTube Universitas Gadjah Mada)

Jakarta, Beritasatu.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menilai Kejaksaan Agung (Kejagung) telah bersikap profesional. Ia mengatakan Kejagung telah menangani kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya dengan bersungguh-sungguh.

Advertisement

Gini loh, Indosurya itu kasusnya banyak di berbagai daerah, di berbagai waktu. Kalau Indosurya itu kalau dari sudut kami, kejaksaan Agung itu sudah sangat profesional dan sungguh-sungguh,” Kata Mahfud MD kepada media, Selasa (31/2/2023).

Diketahui, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat memvonis lepas Ketua KSP Indosurya Henry Surya. Majelis hakim menyatakan, tindakan Henry terbukti sebagaimana dakwaan jaksa penuntut umum. Namun, menurut majelis hakim, tindakan tersebut bukan masuk ranah pidana, melainkan perkara perdata.

Sebelumnya, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat memutus bebas Direktur Keuangan KSP Indosurya June Indria karena dianggap tidak terbukti bersalah atas dugaan penipuan terhadap para nasabah.

Advertisement

Mahfud menyayangkan perilaku pihak yang menyudutkan Kejaksaan Agung dengan membuat spanduk seakan-akan kejaksaan agung perlu diperiksa. Menurutnya dakwaan sudah benar akan tetapi pengadilan yang membebaskan.

“Jelas kok dakwaannya jelas. Tetapi pengadilan yang memutuskan bebas,” ujar Mahfud MD.

Mahfud mengatakan bahwa pemerintah akan melakukan kasasi terhadap putusan Mahkamah Agung yang memvonis bebas terdakwa penipuan dan penggelapan KSP Indosurya itu.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Indosurya, Mahfud MD, Featured, Pilihan]

Baca Juga

Komentar