Panglima TNI Kirim Pasukan untuk Evakuasi Pilot Susi Air - Beritasatu

 

Panglima TNI Kirim Pasukan untuk Evakuasi Pilot Susi Air

Rabu, 8 Februari 2023 | 11:43 WIB
Oleh: Stefani Wijaya / FFS

Pesawat Susi Air.
Pesawat Susi Air. (Foto: Dok)

Jakarta, Beritasatu.com - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengirimkan pastukan untuk mengevakuasi para penumpang dan pilot Susi Air yang diduga disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua. Yudo mengatakan, pasukan untuk mengevakuasi para korban akan dikirim hari ini.

Advertisement

"Nanti akan kita usahakan evakuasi hari dan pasukan ke sana. Itu yang 15 orang, sama yang empat orang yang penumpangnya, ini perlu dievakuasi, ya perlu dibawa keluar dari situ," kata Yudo kepada wartawan di acara Rapim TNI-Polri, Rabu (8/2/2023).

Dalam kesempatan ini, Yudo menegaskan tidak ada penyanderaan terhadap pilot Susi Air Philips Marthen. Dikatakan, pilot berkebangsaan Selandia Baru itu berhasil menyelamatkan diri.

"Enggak penyanderaan. Dia (pilot) selamatkan diri itu," ucapnya.

Advertisement

Sebelumnya, menajemen Susi Air bersama otoritas terkait sedang mencari tahu apakah ada sabotase dari kelompok tertentu untuk melakukan pembakaran pesawat dengan nomor registrasi PK-BVY yang terbakar di landasan pacu Bandara Paro, Selasa (7/2/2023). Pihak Susi Air juga masih menjadi keberadaan pilot dan penumpang Susi Air.

"Dugaan sementara terbakarnya pesawat bukan karena gangguan teknis. Hal ini disebabkan karena pesawat mendarat dan parkir dengan aman," kata perwakilan Susi Air Donal Fariz dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com.

Donal Fariz menjelaskan, pada Selasa (7/2/2023). telah terjadi lost contact pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Bandara Paro sekitar pukul 06.17 WIB. Pesawat itu terbang dengan rute Timika-Paro-Timika dengan membawa lima penumpang dan barang bawaan dengan total muatan 452 kg. Dua jam kemudian, lanjut Donal, Susi Air mendapati ELT pesawat dalam posisi aktif pukul 09.12 WIT.

"Perusahaan kemudian menjalankan kondisi emergency di internal perusahaan dengan mengirimkan pesawat lain mengecek posisi Pesawat dan kemudian ditemukan dalam kondisi terbakar di runway," ungkapnya.


[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags Susi Air, Featured, Pilihan, Panglima TNI,TNI, Laksamana Yudho Margono]

Baca Juga

Komentar