Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Pesawat Susi Air Dibakar TPNPB-OPM, Begini Sejarah Susi Pudjiastuti Bangun Maskapai Itu - Tempo

 

Pesawat Susi Air Dibakar TPNPB-OPM, Begini Sejarah Susi Pudjiastuti Bangun Maskapai Itu

S. Dian Andryanto

Jumat, 10 Februari 2023 15:01 WIB

TEMPO.COJakarta - Belakangan maskapai penerbangan Susi Air menjadi sorotan publik setelah kabar salah satu pesawatnya dibakar dan pilot serta lima penumpang disandera Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan pada Selasa pagi, 7 Februari 2023.

“Pilotnya kami sudah sandera dan kami sedang bawa keluar,” kata Egianus Kogoya Pimpinan Kelompok Bersenjata dalam keterangannya. 

Baca Juga:

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan lima penumpang pesawat Susi Air berhasil dievakuasi setelah penahanan dan pembakaran pesawat oleh KKB yang menamakan TTPNPB-OPM pimpinan Egianus Kogoya. Sedangkan sang pilot masih dalam tahap pencarian.

banner-top-desktop

"Untuk penumpang saat ini semuanya sudah bisa diamankan, sudah dievakuasi. Enggak ada (yang disandera)," kata Listyo kepada wartawan setelah rapat pimpinan di Jakarta Selatan, Rabu, 8 Februari 2023.

Berdirinya Susi Air

Dibalik kasus yang menimpa Susi Air, maskapai ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Melansir dari situs Susiair.com maskapai ini berdiri sejak 2004. Sesuai dengan namanya Susi Air didirikan oleh Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti

Baca Juga:

Awalnya Susi hanya membeli beberapa peswat untuk mendukung dan menghemat aktivitas bisnis perikanan miliknya. Dengan menghemat ongkos transportasi dari Pangandaran ke berbagai wilayah di Indoneisa.

Tidak hanya digunakan untuk bisnis, pesawat milik Susi ini juga digunakan buat misi kemanusiaan. Salah satunya katika tsunami di Aceh pada 2004, Susi meminjamkan peswatnya untuk mengangkut bantuan logistik. Susi menempatkan dua pesawat beroperasi secara tetap di sekitar Medan.

Hingga pada 2006 Susi Air memperluas jangkauannya dengan menambah rute penerbangan di luar wilayah Medan. Hingga saat ini maskapai Susi Air memiliki 20 basis operasional yang berada di beberapa titik di Indonesia. Mulai dari Medan, Banda Aceh, hingga Merauke.

Penerbangan Susi Air ini didukung 140 pilot, 75 insinyur dan mekanik pesawat, serta 650 staf darat dan sumber daya pendukung lain. Selain itu, Susi Air melayani 196 rute penerbangan domestik dan 32 rute penerbangan komersial. Maskapai Susi Air mengklaim telah melakukan rata-rata 150 - 225 penerbangan setiap hari dengan lama penerbangan mencapai 40.800 jam per hari.

YOLANDA AGNE 

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.

Terpopuler Bisnis: Pemblokiran Akun Media Sosial Penjual Minyakita, Beras Bulog Diselundupkan ke Negara Tetangga

2 jam lalu

Berita ekonomi terpopuler tentang pemblokira akun media sosial yang menjual Minyakita dan penyelundupan beras Bulog ke negara tetangga.

Pesawatnya Dibajak dan Dibakar di Papua, Berapa Kerugian Susi Air?

11 jam lalu

Pesawat maskapai penerbangan Susi Air dibajak dan dibakar oleh Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) di Nduga, Papua. Berapa kerugian maskapai milik Susi Pudjiastuti itu?

Bantah Terlibat OPM, Lukas Enembe: NKRI Harga Mati!

13 jam lalu

Lukas Enembe mengaku tak kenal dengan pimpinan OPM Benny Wenda. Dia menyatakan tak pernah mendukung Organisasi Papua Merdeka itu.

Soal Penyanderaan Pilot Susi Air di Papua, Pimpinan DPR: Sekarang Statusnya Darurat Sipil

17 jam lalu

Wakil Ketua DPR Lodewijk Paulus mengatakan saat ini Papua sedang darurat sipil. Gubernur harus bertanggung jawab soal penyanderaan pilot Susi Air.

KPK Benarkan Surat Promosi untuk Karyoto dan Endar Priantono ke Kapolri

18 jam lalu

Ali mengatakan surat usulan KPK tersebut sudah diajukan kepada Polri sejak Noveber tahun 2022 yang lalu.

Awak Susi Air Disandera TPNPB-OPM di Nduga Papua, Ini Komentar Susi Pudjiastuti

20 jam lalu

Pilot dan penumpang pesawat milik Susi Air itu disandera TPNPB-OPM di Nduga, Papua. begini respons Susi Pudjiastuti, pemilik maskapai penerbangan itu

Kapolri Terima Surat Promosi 2 Personel KPK yang Dipulangkan

21 jam lalu

Kapolri menyatakan telah menerima surat promosi dua eks pegawai KPK yang dipulangkan ke institusinya.

Tiga Hari Berlalu, Bagaimana Nasib Pilot Susi Air?

1 hari lalu

Egianus Kogoya mengklaim pasukannya telah menyandera pilot pesawat Susi Air. Ada bantahan dari Panglima TNI.

Terpopuler: Bank CIMB Niaga Dibobol Mantan Pegawainya, Garuda Tebar Diskon hingga 78 Persen

1 hari lalu

Mantan Relationship Manager Bank CIMB Niaga, SAL, menipu sejumlah nasabah prioritas hingga total kerugian mencapai Rp 6,7 miliar.

Top 3 Dunia: AS Soal Penyanderaan Pilot Susi Air, SpaceX Larang Ukraina Pakai Starlink

1 hari lalu

Top 3 dunia adalah AS mengutuk penyanderaan pilot Susi Air, misinformasi perang Ukraina hingga SpaceX larang Ukraina pakai Starlink.

[Category Opsiin, Media Informasi]


Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek