Puting Beliung Terjang Banyuwangi, 159 Rumah Rusak, Sebagian Rata dengan Tanah - inews

 

Puting Beliung Terjang Banyuwangi, 159 Rumah Rusak, Sebagian Rata dengan Tanah 

Puting Beliung Terjang Banyuwangi, 159 Rumah Rusak, Sebagian Rata dengan Tanah 
Penampakan salah satu rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung. (eris utomo).

BANYUWANGI, iNews.id - Hujan lebat disertai angin puting beliung melanda wilayah Banyuwangi. Akibatnya 159 rumah rusak dan beberapa lainnya roboh rata dengan tanah. 

Belum ada laporan korban dalam kejadian tersebut. Sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi masih melalukan pendataan ulang guna mengatahui jumlah warga yang terdampak. 

Detik-detik angin puting beliung pada Sabtu (25/2/2023) sore ini sempat terekam video amatir warga. Tampak angin puting beliung berputar di wilayah Desa Karangharjo, Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. 

Peristiwa ini juga sempat menimbulkan kepanikan warga saat melaksanakan hajatan di kawasan Desa Uosomulyo, Kecamatam Gambiran. Warga bahkan histeris saat tenda hajatan terbawa angin.

Hasil pendataan sementara, angin kencang dan hujan dengan intensitas tinggi juga melanda lima wilayah kecamatan di Banyuwangi, yakkni Kecamatan Glenmore, Tegalsari, Genteng, Muncar dan Kecamatan Kabat. 

Sementara, ratusan warga yang rumahnya rusak karena tidak bisa ditempati, memilih mengungsi di rumah kerabat dan tetangga. Data sementara sebanyak 159 rumah warga rusak akibat angin puting beling dan hujan lebat. 

Dari lima kecaatan yang dilanda puting beliung, kondisi terparah terjadi di Kecamatan Kalibaru dengan jumlah 54 rumah warga rusak, setelah itu Kecamatan Genteng terdapat 54 rumah warga rusak dan wilayah Kecamatan Gambiran sebanyak 44 rumah warga yang rusak. 

"Puting beliung ini terjadi pada Sabtu sore. Ada banyak rumah warga yang rusak. Kami masih masih melakukan pendataan ulang/ guna mengelahui jumlah warga yang terdampak," kata Kepala Pelaksana BPBD Banyuwangi, Mujito. 

Editor : Ihya Ulumuddin

Follow Berita iNewsJatim di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar