Pilihan

Siswa Diterima SNBP Kira-Kira Hanya Seperempat dari Pendaftar! - detik

 

Siswa Diterima SNBP Kira-Kira Hanya Seperempat dari Pendaftar!

By Novia Aisyah
detik.com
February 14, 2023
Foto: SNPMB BPPP
Foto: SNPMB BPPP
Jakarta -

Jumlah siswa yang akan diterima di jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 hanya seperempat dari pendaftar. Hal ini dituturkan oleh Ketua Umum Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 Prof Dr Ir M Ashari, MEng.

"Kuota atau jumlah yang diterima itu kecil, kira-kira seperempatnya saja," ujarnya dalam sosialisasi daring Mekanisme Pendaftaran SNBP 2023, Selasa (14/2/2023). Sebagai informasi, jumlah seluruh siswa eligible SNBP tahun ini adalah 867.341.

Ashari juga menegaskan, program studi pilihan dua masih memungkinkan untuk diterima. Namun, karena jumlah yang diterima kecil, maka bisa saja kuota penerimaan SNBP sudah dipenuhi dari program studi pilihan pertama.

"Bukan berarti pilihan duanya tidak dihiraukan oleh perguruan tinggi, tidak. Tetap ada (peluang)," kata dia.

Peluang Lulus Pilihan Kedua Tetap Ada

Rektor ITS itu mengatakan, ada beberapa kasus di mana pilihan dua memiliki prestasi yang lebih bagus dibandingkan yang pertama. "Beberapa (calon mahasiswa) pilihan dua itu lebih bagus prestasinya dibanding (calon mahasiswa) pilihan satu pada peringkat yang bawah," jelasnya.

"Jadi masih ada kemungkinan untuk lulus pada pilihan dua. Namun, kalau Anda betul-betul tidak senang atau tidak siap mengisi pilihan dua, kemudian pilihan duanya itu diterima, jangan sampai tidak daftar ulang," lanjutnya.

Ashari menekankan, apabila siswa yang diterima SNBP tidak daftar ulang, maka akan menyulitkan siswa yang bersangkutan maupun satuan pendidikan asal. "Karena otomatis Anda tidak bisa ikut yang jalur berikutnya, yaitu yang UTBK," tandasnya.

Ketua SNPMB 2023 itu turut menambahkan, pada SNBP tahun ini ada tambahan pilihan program studi (prodi) dari tahun lalu. Sebelumnya, pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2022 hanya ada pilihan prodi S1 dan sarjana terapan.

"Tahun ini adik-adik yang memang ingin memilih diploma 3, Anda bisa menaruh pilihan satu itu (dengan) D3. Pilihan dua boleh D3, pilihan dua juga boleh D4," jelasnya.


Simak Video "Peserta UTBK Bersuhu 37,5 Derajat Lebih Harus Tes PCR Mandiri"
[Gambas:Video 20detik]

(nah/nwk)


[Category Opsiin, Media Informasi]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek