Sri Mulyani Hadiri Forum IMF-JICA, Bahas Kebijakan Fiskal Indonesia Hadapi Pandemi dan Perubahan Iklim - inews

 

Sri Mulyani Hadiri Forum IMF-JICA, Bahas Kebijakan Fiskal Indonesia Hadapi Pandemi dan Perubahan Iklim

Sri Mulyani Hadiri Forum IMF-JICA, Bahas Kebijakan Fiskal Indonesia Hadapi Pandemi dan Perubahan Iklim
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Foto: Istimewa)

TOKYO, iNews.id - Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati, hadir dan menjadi pembicara pada IMF-JICA Conference, sebuah forum dialog bagi para Menkeu dan Gubernur Bank Sentral Asia dan Pasifik, di Tokyo, Jepang, Selasa (14/2/2023).

Dalam forum tersebut, Sri Mulyani menyampaikan kebijakan fiskal yang ditempuh Pemerintah Indonesia untuk menghadapi pandemi Covid-19 dan perubahan iklim yang berdampak terhadap perekonomian.

"Saya sampaikan langkah-langkah yang pemerintah Indonesia tempuh dalam menghadapi pandemi Covid-19. Kemenkeu mendesain berbagai reformasi kebijakan fiskal untuk menyeimbangkan keberlanjutan fiskal dan melaksanakan fungsi jangka pendek, alokasi, distribusi, dan stabilisasi," ujar Sri Mulyani melalui akun Instagramnya @smindrawati, Selasa (14/2/2023). 

Dia mengungkapkan, 2 langkah Pemerintah Indonesia yang sangat penting, yaitu membuat UU HPP dan UU HKPD. Dua omnibus law juga diberlakukan, yaitu UU Cipta Kerja dan UU P2SK, sebuah langkah untuk memastikan sektor keuangan domestik yang terus tumbuh inklusif, dalam, dan stabil.

"Forum ini juga membahas mengenai isu vital perubahan iklim. Saya jelaskan berbagai kontribusi nyata Indonesia. Kita memperbarui Nationally Determined Contribution-nya dari 29 persen menjadi 31.89 persen dengan usaha sendiri dan dari 41 persen menjadi 43 persen dengan dukungan internasional, ini adalah wujud optimisme dan komitmen Indonesia sekaligus mendorong transisi energi yang adil dan terjangkau," ungkap Sri Mulyani.

Indonesia merupakan Co-chair pada Coalition of Finance Minister for Climate Action yang beranggotakan 80 negara. Tujuan Indonesia adalah mengarusutamakan kelestarian iklim dalam kebijakan tanpa memperlambat pertumbuhan ekonomi.

"Indonesia akan memastikan akselerasi reformasi struktural terus berjalan. Hal ini penting agar perekonomian kita tumbuh semakin tinggi, semakin inklusif, dan semakin terjaga keberlanjutannya..!" tutur Sri Mulyani. 

Editor : Jeanny Aipassa

Follow Berita iNews di Google News


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar