Teken MoU, Presiden Jokowi dan PM Taur Perkuat Hubungan Indonesia-Timor Leste - inews

 

Teken MoU, Presiden Jokowi dan PM Taur Perkuat Hubungan Indonesia-Timor Leste

Senin, 13 Februari 2023 | 12:39 WIB
Oleh: Ichsan Ali / DIN

Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak (kiri) bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin, 13 Februari 2023.
Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak (kiri) bersama Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Senin, 13 Februari 2023. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Kunjungan kenegaraan Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak ke Indonesia disambut hangat Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Senin (13/2/2023) pagi.

Advertisement

Pertemuan PM Taur dan Presiden Jokowi menghasilkan penandatanganan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) antarkedua negara, yakni pada bidang pendidikan tinggi, bidang pengembangan sumber daya manusia dan pertukaran pengetahuan, bidang teknik perindustrian, bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika, dan bidang pembangunan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan Indonesia-Timor Leste.

Selain, penekenan MoU antara Indonesia dan Timor Leste, Presiden Jokowi mengungkapkan pentingnya kerja sama ekonomi antarkedua negara khususnya pengembangan ekonomi wilayah perbatasan Nusa Tenggara Timur dengan Oecusse. "Dan untuk mendukung kerja sama ekonomi khususnya pengembangan kawasan ekonomi di wilayah perbatasan kita sepakat untuk mendorong dimulainya perundingan bilateral investment treaty," ungkap Jokowi dalam jumpa pers.

Selain itu, Indonesia dan Timor Leste menyepakati penyelesaian dua segmen perbatasan negara di darat yang masih tersisa pada tahun ini, yakni segmen Noel Besi - Citrana dan Bijael Sunan - Oben. Jokowi menekankan pentingnya penyelesaian hal tersebut demi memulai perundingan maritim serta mendorong pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Oepoli, Kupang, NTT. "Indonesia berkomitmen untuk terus melanjutkan kerja sama pembangunan terutama melalui penguatan kapasitas SDM," tutur Jokowi.

Advertisement

Selain itu, Jokowi pun menyinggung keketuaan Indonesia di ASEAN di mana secara perinsip ASEAN sudah menerima Timor Leste sebagai anggota, sesuai hasil Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Phnom Penh Kamboja, pada 10-13 November 2022 lalu.

"Roadmap keanggotaan penuh sedang disiapkan dipimpin oleh Indonesia sebagai Ketua ASEAN saat ini dan Timor Leste telah mengikuti pertemuan-pertemuan ASEAN denga status observer, termasuk pertemuan para Menlu ASEAN awal Februari yang lalu," tegas Jokowi.

Diketahui, turut mendampingi Jokowi yakni jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju diantaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Edward Omar Sharif.

Sementara, PM Taur didampingi Menteri Luar Negeri Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Menteri Pendidikan Tinggi, Sains dan Kebudayaan Longuinhos dos Santos, Menteri Transportasi dan Komunikasi José Agustinho da Silva, Menteri Pariwisata, Perdagangan, dan Industri José Lucas do Carmo da Silva, dan Duta Besar Timor Leste untuk Indonesia Filomeno Aleixo da Cruz.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi]

Baca Juga

Komentar