10 Ide Takjil Buka Puasa yang Enak dan Segar, Mudah Dibuat dari Rumah - BuddyKu

 

10 Ide Takjil Buka Puasa yang Enak dan Segar, Mudah Dibuat dari Rumah - BuddyKu

10 Ide Takjil Buka Puasa yang Enak dan Segar, Mudah Dibuat dari Rumah

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Adzan maghrib seketika menjadi hal yang sangat dirindukan dan dinantikan pada saat bulan Ramadhan.

Setelah seharian berpuasa, tentunya berbuka puasa merupakan momen yang paling ditunggu-tunggu seluruh umat muslim.

Segarnya makanan dan minuman yang dihidangkan pada saat berbuka menjadi salah satu momen yang dinanti.

Meski begitu, tidak semua sajian menu takjil yang nikmat harus selalu kita beli dari luar. Terkadang, menu takjil tersebut juga bisa kita buat langsung dari rumah.

Nah, berikut ini 10 ide menu takjil buka puasa yang enak dan segar, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Es Timun Melon

Buka puasa semakin nikmat kalau diawali dengan minuman dingin yang segar. Apalagi dengan cuaca Indonesia yang panas ini.

Minuman es timun melon ini gampang banget untuk dibuat dan cocok dihidangkan dengan makanan apa pun.

2. Rolade Tahu Telur

Resep rolade tahu ini gak perlu waktu berjam-jam untuk dibuat. Sangat praktis bagi yang tidak suka masakan ribet tapi tetap ingin santapan enak.

3. Salad Buah

Coba sekali-kali buka puasa dengan santapan sehat seperti salad buah. Selain banyak vitamin, rasa haus dan dehidrasi akan hilang dan sekaligus memberikan energi untuk tubuh.

Kamu bisa membuat salad buah dengan campuran irisan stroberi, nanas, kiwi, buah naga, semangka, dan mangga. Dinginkan buah sebelum diiris untuk rasa yang lebih segar. Kalian bisa menggunakan yogurt dan madu sebagai pilihan dressing sehat.

4. Omelet Sayur

Cari menu buka puasa sehat dan lezat untuk keluarga? Kamu bisa mencoba omelet sayur. Mudah untuk dibuat dalam porsi kecil maupun besar. Caranya juga gampang, seperti masak telur dadar biasa.

Cukup dengan bahan utama telur dan sayur pilihan kamu. Bisa juga ditambahkan dengan daging seperti bakso ikan dan ayam. Sajikan dengan bumbu pecel agar semakin enak untuk disantap.

5. Kolak Pisang Ubi

Buka puasa rasanya tidak lengkap kalau tidak ada kolak. Wajar saja karena kolak memang enak dan tidak repot untuk dibuat.

6. Jus Buah-buahan

Setelah puasa, tidak jarang orang merasa dehidrasi karena tidak minum seharian. Waktu ini pas banget untuk dibuka dengan jus buah dingin yang kaya akan vitamin.

Gunakan buah favorit kamu dan bisa campurkan dengan sayuran seperti mentimun, brokoli, atau bayam biar semakin bernutrisi. Jangan lupa untuk diganti bahannya tiap hari agar tidak bosan ya.

7. Sate Telur Gulung

Kalau tidak suka ribet-ribet membuat daging sate, kenapa gak bikin sate telur saja? Telur mengandung banyak protein yang tidak kalah dengan daging.

Tidak heran mengapa orang menggunakan telur sebagai alternatif daging karena lebih mudah dan murah untuk digunakan.

8. Roti Bakar

Roti bakar merupakan menu paling praktis dan sederhana. Kalian bisa membuat roti bakar sebagai hidangan asin maupun manis sesuai selera.

Kalau lagi ingin makan asin, kamu bisa kombinasikan daging irisan dengan telur, lalu tambah keju lelehan yang menggiurkan.

Untuk roti bakar manis, kamu bisa pakai selai kesukaanmu dan tambah buah atau granola sebagai topping.

9. Ayam Teriyaki

Ayam teriyaki bukanlah makanan yang asing lagi dan digemari oleh banyak orang. Ternyata membuat ayam teriyaki itu tidak ribet loh. Kalian bisa memasak resep ini dengan waktu 10 menit saja.

10. Puding Susu

Kalau bosan dengan kolak sebagai makanan pencuci mulut saat buka puasa, kamu bisa coba puding susu. Caranya tidak kalah mudah juga loh. Kamu bisa mempersiapkannya saat berpuasa, lalu langsung siap disantap ketika berbuka puasa.

Author: Rizal Fadillah

Baca Juga

Komentar