Pilihan

Anggota DPR Setuju Depo Pertamina Plumpang Dipindah: Tak Adil Warga Direlokasi Tapi Perumahan Elite Tidak - Tempo

 

Anggota DPR Setuju Depo Pertamina Plumpang Dipindah: Tak Adil Warga Direlokasi Tapi Perumahan Elite Tidak

Reporter

Jumat, 10 Maret 2023 06:09 WIB

TEMPO.COJakarta - Anggota Komisi III DPR RI Taufik Basari mendukung langkah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir yang memindahkan Depo Pertamina Plumpang ke lahan milik Pelindo. 

“Kalau kita bicara soal skala prioritas, menurut saya yang terbaik adalah memindahkan depo Pertamina itu,” kata Taufik seperti dikutip dari Antara, Rabu, 8 Maret 2023.

Baca Juga:

Taufik menilai langkah pemindahan depo Pertamina perlu dilakukan karena wilayah TBBM atau Terminal Bahan Bakar Minya Plumpang sudah dikelilingi oleh pemukiman warga, dan sangat berbahaya bagi masyarakat sekitar lantaran jaraknya yang terlalu dekat.

Menurut politikus Nasdem itu, tidak saja kawasan Tanah Merah yang padat penduduk dan masuk ke dalam area lahan milik Pertamina, namun disana juga terdapat perumahan elite yang jaraknya tak jauh dari depo Pertamina Plumpang.

Karena itu, akan tidak adil apabila opsi relokasi yang dipilih, dan hanya ditujukan bagi warga masyarakat yang tinggal di Tanah Merah, sedangkan warga yang tinggal perumahan elite lainnya tidak direlokasi.

Perumahan elite berada dalam jarak tidak aman dari depo Pertamina

Baca Juga:

Menurut Taufik Basari, sekalipun warga di perumahan elite itu mengantongi kelengkapan surat izin mendirikan bangun, tetapi jarak yang terlalu dekat dengan TBBM Plumpang tetap tidak aman untuk dihuni oleh pemukiman.

“Ada juga kawasan yang berisi perumahan mewah yang semestinya tidak ada pada tempatnya, juga di situ. Jadi jangan hanya melihat orang-orang yang tidak mampu saja,” katanya.

Taufik pun mengatakan ketimbang saling menyalahkan, lebih baik mencari solusi yang terbaik agar ke depannya insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang menewaskan belasan jiwa tidak kembali terjadi.

“Kita tidak bisa menyalahkan siapa, tidak, yang harus kita lakukan ke depan adalah mencari solusi masalah ini. Solusinya harus win-win solution,” ujarnya.

Menurut dia, keberadaan masyarakat yang berada di dekat Depo Pertamina Plumpang pun sulit untuk disalahkan karena hal tersebut juga disebabkan adanya kesalahan tata kota pada waktu lampau.

“Bukan salah mereka juga karena mereka ada di situ akibat dari kesemrawutan bangunan tata kota Jakarta sejak lama,” kata Taufik.

Berita Selanjutnya

  • 20 menit lalu

Pindah Lokasi Depo Plumpang atau Pemukiman Warga

20 menit lalu

Rencana pemindahan kawasan tanki timbun BBM, depo Plumpang milik Pertamina, muncul setelah insiden kebakaran pada 3 Maret 2023.

Korban Depo Plumpang Diberi HGB Jelang Pemilu, Polisi Telusuri Peran APA & Eks TGUPP Bela Anies Masuk Top 3 Metro

32 menit lalu

Korban Depo Plumpang diberi HGB jelang Pemilu 2019, polisi telusuri peran APA di kasus Mario Dandy & eks TGUPP bela Anies masuk Top 3 Metro.

Pernyataan Lengkap Eks TGUPP Anies Baswedan Soal Polemik IMB Tanah Merah Pasca Kebakaran

41 menit lalu

Eks TGUPP Anies Baswedan buka suara soal polemik penerbitan IMB Tanah Merah yang dipicu kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Berikut pernyataan lengkap.

Nasib 100 Guru Honorer dari Klaten, 10 Tahun Tak Kunjung Diangkat ASN

4 jam lalu

Sebanyak seratus guru honorer K-2 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, berunjuk rasa di Monas dan Gedung DPR RI, Jakarta. Putusan hukum tak membantu.

Tim DVI Polri Rampungkan Identifikasi 15 Korban Kebakaran Depo Plumpang

11 jam lalu

Kebakaran depo Plumpang menewaskan 19 orang dan menyebabkan ratusan orang mengungsi.

Disdukcapil DKI Beri Layanan Administrasi Kependudukan Korban Kebakaran Depo Pertamina

13 jam lalu

Disdukcapil DKI memberi layanan administrasi kependudukan bagi warga korban kebakaran depo Pertamina Plumpang untuk cetak KPT, KK dan akta lahir.

PDI Perjuangan dan PSI Sebut Anies Baswedan Terbitkan IMB Tanah Merah tanpa Ajak Bicara DPRD

13 jam lalu

Eks TGUPP Anies Baswedan mengatakan sebagai program yang dibiayai APBD, tentu saja program penataan kampung telah disetujui DPRD DKI.

Selidiki Penyebab Kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Polisi Telah Minta Keterangan pada 24 Orang

13 jam lalu

Kepolisian telah mengambil keterangan terhadap 24 orang dalam penyelidikan penyebab kebakaran depo Pertamina Plumpang.

Apa itu IMB yang Kini Akan Diganti PBG?

14 jam lalu

Belakangan istilah IMB mencuat pasca kasus kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Lantas apa itu IMB?

Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang Ternyata Diberi HGB Lewat PTSL Jelang Pemilu 2019

14 jam lalu

Salah satu korban kebakaran depo Pertamina Plumpang mengantongi HGB atau hak guna bangunan dengan masa 20 tahun. Diberikan jelang Pemilu 2019.

Komentar

Baca Juga

Opsi Media Informasi Group

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek