Asal Usul Makanan Ketoprak dan Sejarah Unik Dibalik Namanya - inews

 

Asal Usul Makanan Ketoprak dan Sejarah Unik Dibalik Namanya

Asal Usul Makanan Ketoprak dan Sejarah Unik Dibalik Namanya
Asal usul makanan ketoprak yang enak (Foto: Instagram @sukmawati_rs)

JAKARTA, iNews.id - Asal-usul makanan ketoprak ternyata berasal dari kecelakaan kecil, lho. Siapa sih yang tidak tahu dengan makanan khas Indonesia satu ini. 

Makanan yang terbuat dari tahu, ketupat, bihun, baluran saus kacang dan toping kerupuk ini menjadi salah satu kuliner populer di Jakarta. Ternyata, awal mula nama makanan ketoprak tercipta dari insiden kecil yang tidak disengaja.

Baca Juga

Penasaran, bagaimana asal usul makanan ketoprak yang populer ini? Berikut ulasannya dirangkum pada Kamis (2/3/2023).

Asal-Usul Makanan Ketoprak

Ketoprak merupakan makanan yang terbuat dari bumbu kacang yang dipadukan dengan lontong, bihun, dan taoge. Rasanya lezat, siapa saja akan ketagihan mencicipi. Adapun asal usul makanan ketoprak ternyata cukup unik. Sebab, saat itu ada penjual yang sedang menciptakan menu baru agar dagangannya laris. Saat menu siap untuk dihidangkan secara tidak sengaja, piringnya terjatuh dan menghasilkan suara 'ketuprakk'. Nah, dari sinilah asal-usul nama makanan ketoprak yang kini banyak diminati sebagai santapan menu utama.

Baca Juga

Makanan khas Indonesia satu ini masih menjadi perdebatan masyarakat mengenai dari daerah mana asal-usul makanan ketoprak berasal. Banyak yang mengatakan ketoprak merupakan makanan asal Jawa Tengah. Tak sedikit pula yang mengakui ketoprak berasal dari Cirebon. Namun yang pasti, Anda bisa dengan mudah menemukan makanan lezat ini di daerah ibu kota Jakarta.

Itulah seputar asal-usul makanan ketoprak yang belum banyak diketahui orang.

Editor : Vien Dimyati

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar