Pilihan

Bansos Diberikan Kepada KPM Terdata DTKS, Inilah Perbedaan BPNT dan Bansos Pangan! - Tribunnews

 

Bansos Diberikan Kepada KPM Terdata DTKS, Inilah Perbedaan BPNT dan Bansos Pangan! - Halaman all

5-7 minutes
TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Masuk minggu terakhir bulan Maret 2023, masyarakat khususnya kelas menengah ke bawah terus menantikan kapan bantuan sosial BPNT dan Bansos pangan dapat dicairkan secara merata. 

Diketahui bahwa BPNT telah dicairkan dibeberapa wilayah melalui Kantor Pos dan Bank Himbara, Namun untuk Bansos pangan hingga kini masih belum.

Bansos pangan dibagikan dalam bentuk kebutuhan pangan berupa beras, daging dan telur sementara ditahun 2023 penyaluran BPNT telah berbeda dari sebelumnya.

Pada tahun 2023 kali ini BPNT akan diterima dalam bentuk uang tunai yaitu sebesari Rp 400 apabila diambil melaui Kantor Pos. 

Disisi lain BPNT juga dapat diterima dengan KKS atayu ATM Merah Putih pada Bank penyalur Bansos yang bekerjasama. 

• Kriteria yang Dicoret Jadi Penerima Bansos Keperluan Bahan Pangan Menjelang Ramadhan Tahun 2023!

Perlu disampaikan bahwa baik Bansos pangan dan BPNT sama-sama Bansos untuk KPM yang telah terdata di DTKS milik Kemensos. 

Adapun DTKS bertujuan untuk memuat sejumlah data warga miskin atau kurang mampu agar menerima Bansos dari Pemerintah. 

Lantas apa perbedaan BPNT dan Bansos sembako? 

Dilansir dari kanal YouTube Info Bansos, Senin 20 Maret 2023 Dijelaskan bahwa Bansos pangan yaitu bahan keperluan pangan untuk masyarakat miskin yang juga bagian dari penerima BPNT dan PKH. 

Pemerintah menyalurkan Bansos pangan untuk tiga bulan mulai Maret, April, dan Mei 2023.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan penyaluran bantuan pangan ditujukan untuk menekan dampak kenaikan harga pangan menjelang hari besar keagamaan.(Dikutip dari Kompas.com) 

Bantuan sosial atau Bansos pangan ini diperuntukkan untuk masyarakat yang berasal dari kalangan bawah yang namanya terdata di dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

• Dijadwalkan Cair Selama Tiga Bulan, Proses Pemberian Bansos Pangan Kerjasama Perum BULOG dan BUMN

Dikabarkan juga bahwa bantuan pangan berupa beras 10 kg sebanyak 21,6 juta keluarga penerima manfaat atau KPM.

Namun untuk pembagian bantuan pangan berupa daging ayam dan telur tidak semua KPM mendapatkan bantuan tersebut, hanya 2 jutaan KPM yang akan mendapatkan bantuan pangan berupa daging ayam dan telur.

Direktur Utama Perum BULOG Budi Waseso selaku menjelaskan tentang skema penyaluran bantuan pangan Ramadhan 2023.

Labih jauh Budi Waseso menuturkan jika bantuan berupa beras 10 kg yang akan disalurkan kepada penerima manfaat secara door to door atau bansos akan diberikan langsung ke rumah para penerima manfaat Bansos pangan.

Bantuan pangan ini akan diberikan kepada para penerima manfaat selama 3 bulan yang merupakan hasil kerjasama Bulog dengan PT Pos Indonesia untuk mendistribusikan bantuan pangan Ramadhan 2023 kepada para penerima manfaat.

• Bansos BPNT Cair Double? Langsung Diberi Uang Cash Tidak Lagi Sembako!

Sedangkan untuk BPNT adalah Bansos yang diberikan kepada masyarakat sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Bapak Jokowi Widodo pada rapat terbatas tentang Program Raskin pada Juli 2016, penyaluran Raskin diganti dengan menggunakan kartu elektronik yang akan diberikan langsung kepada rumah tangga sasaran, sehingga bantuan sosial dan subsidi akan disalurkan secara non tunai dengan menggunakan sistem perbankan.

Selama masa Pandemi BPNT dikenal dengan Banpres dan disebut memberi banyak manfaat terutama bagi masyarakat yang belum pernah menerima Bansos PKH. 

Adapun syarat penerima BPNT masih sama seperti sebelumnya yakni sebagai berikut:

1. Warga negera Indoenesia.

2. Termasuk keluarga miskin atau rentan miskin

3. Terdata aktif di DTKS Kemensos

4. Bukan termasuk ASN, TNI, atau Polri juga bukan termasuk pegawai/pejabat BUMN dan pejabat desa.

5. Penerima belum meninggal

6. Terdampak Covid-19 secara ekonomi atau kehilangan pekerjaan/penghasilan.

• Bansos BPNT Cair Lewat PT Pos dan Bank Himbara, Bolehkan Pencairan Dananya Diwakilkan?

Manfaat yang dapat diperoleh dari BPNT, yaitu:

* Meningkatnya ketahanan pangan di tingkat keluarga penerima manfaat, sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan.

* Meningkatnya transaksi non tunai sesuai dengan program Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) yang digagas oleh Bank Indonesia.

* Meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

* Meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial.

* Meningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan.

Adapun untuk bentuknya, BPNT dicairkan ke KPM dalam bentuk uang tunai. Dimana nomianalnya ada yang Rp400 ribu (pengambilan lewat bank) dan Rp600 ribu jika disalurkan oleh PT Pos.

Namun penyaluran oleh PT Pos ini dilakukan ke KPM yang berada di daerah 3 T (terluar, terjauh, dan tertinggal) serta yang akses ke banknya sulit.

Demikian informasi mengenai adanya Bansos pangan dan yang diberikan kepada KPM tahun 2023 selama tiga bulan disertai perbedaannya dengan BPNT atau Bansos sembako. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel Terkait Dengan Topik Info Stimulus Disini 

Sumber: Tribun Pontianak

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek