Bareskrim Telah Periksa Kepala BPOM DKI Jakarta Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut - Beritasatu

 

Bareskrim Telah Periksa Kepala BPOM DKI Jakarta Terkait Kasus Gagal Ginjal Akut

Selasa, 14 Maret 2023 | 16:24 WIB
Oleh: Stefani Wijaya / WIR

Ilustrasi gagal ginjal.
Ilustrasi gagal ginjal. (Foto: B Universe/Rommy)

Jakarta, Beritasatu.com - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri telah memeriksa Kepala BPOM DKI Jakarta Susan Gracia Arpan terkait kasus gagal ginjal akut dan mekanisme pengawasan terhadap pedagang farmasi.

Advertisement

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, Susan telah memenuhi panggilan sebagai saksi pada Senin, 6 Maret 2023 lalu.

"Kepala BPOM Jakarta yang dipanggil sebagai saksi pada Senin, 6 Maret 2024 lalu yang mana pemanggilan tersebut dengan maksud memberikan penjelasan terkait dengan proses pengawasan, bahan baku pada pedagang farmasi," kata Ramadhan saat konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (14/3/2023).

Dikatakan Ramadhan, nantinya hasil pemeriksaan Kepala BPOM DKI Jakarta itu akan dicocokkan dengan temuan di lapangan dan barang bukti lainnya.

Advertisement

"Misalnya diperiksa sebagai saksi tentu ada dikaitkan dengan temuan alat bukti atau barang bukti lainnya," ucapnya.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri melayangkan panggilan kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

Direktur Tindak Pidana Tertentu (Dirtipidter) Bareskrim Polri Brigjen Pipit Rismanto mengungkapkan, pemanggilan itu terkait dengan penjelasan yang beda antara BPOM dan Labkesda terkait hasil uji laboratorium terhadap sampel kasus gagal ginjal akut yang ditemukan pada akhir Januari dan awal Februari lalu.

"Bukan akan memanggil, kita sedang memanggil. Artinya kan sudah meluncurkan pemanggilan, nanti berapa hari baru datang," kata Pipit saat dikonfirmasi, Selasa (7/3/2023).

Dikatakan Pipit, tidak hanya BPOM saja yang dipanggil. Akan tetapi, semua pihak yang terlibat juga turut dilakukan pemanggilan untuk memberikan keterangannya.

"Ya ada dari BPOM, juga ada yang menangani semua juga kita panggil, untuk meminta kejelasananya," ucapnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar