Pilihan

Berapa Peluang Lulus Siswa Lintas Jurusan di SNBP 2023? Ini Kata SNPMB - inews

 

Berapa Peluang Lulus Siswa Lintas Jurusan di SNBP 2023? Ini Kata SNPMB

Berapa Peluang Lulus Siswa Lintas Jurusan di SNBP 2023? Ini Kata SNPMB
Ilustrasi Lintas Jurusan di SNBP 2023 (Freepik)

JAKARTA, iNews.id - Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) memperbolehkan setiap siswa-siswinya untuk lintas jurusan di SNBP dan SNBT tahun ini. Lantas, berapa peluang lulus siswa yang lintas jurusan?

Menurut Ketua Pelaksana Eksekutif SNPMB 2023 Prof Budi Prasetyo siapa pun peserta SNBP diperbolehkan memilih lintas jurusan. Namun, yang harus diingat adalah mereka harus bertanggung jawab.

Baca Juga

"Walaupun merdeka, tetap harus bertanggung jawab, jadi jangan sampai bisa masuk tapi nggak bisa keluar," ujar dia dalam konferensi pers via YouTube, Selasa (14/2/2023).

Lebih lanjut, Budi memaparkan bahwa apa penilaian khusus dari masing-masing perguruan tinggi bagi siswa yang lintas jurusan. Sebab, perguruan tinggi akan mematok mata pelajaran yang akan dinilai.

Baca Juga

"Misalnya ambil Teknik Sipil dari IPA itu mata pelajaran pasti mendukung ada matematika, fisika. Kalau IPS dan bahasa nggak ada, mata pelajaran pendukung matematika-IPS atau matematika-bahasa," tuturnya.

Baca Juga

Budi menilai akan adanya faktor koreksi lintas yang dilakukan perguruan tinggi demi memastikan para calon mahasiswa bisa mengikuti perkuliahan. Oleh karena itu, ia menilai kemungkinan lulus siswa lintas jurusan jadi IPS/Bahasa ke IPA pun kecil.

"Menurut saya, IPS, Bahasa ke IPA kesempatannya kecil, kemungkinan diterimanya kecil. Tapi IPA mengambil prodi IPS banyak, anak akuntansi, HI, Komunikasi. Jadi kira-kira kemungkinan di situ, jadi bisa memperhitungkan sendiri kesempatannya sebesara besar," kata dia.

Editor : Puti Aini Yasmin

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek