Pilihan

SNPMB 2023, Dirjen Diksi Ingatkan Calon Mahasiswa Pilih Perguruan Tinggi Sesuai Kemampuan Diri - inews

 

SNPMB 2023, Dirjen Diksi Ingatkan Calon Mahasiswa Pilih Perguruan Tinggi Sesuai Kemampuan Diri

Binti Mufarida
SNPMB 2023, Dirjen Diksi Ingatkan Calon Mahasiswa Pilih Perguruan Tinggi Sesuai Kemampuan Diri
Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek Kiki Yuliati saat konferensi pers secara virtual, Selasa (10/1/2023). (Foto tangkapan layar).

JAKARTA, iNews.id - Dirjen Pendidikan Vokasi (Diksi) Kemendikbudristek Kiki Yuliati mengingatkan kepada para calon mahasiswa yang akan mengikuti Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 untuk memastikan memilih Perguruan Tinggi sesuai kemampuan diri. Para calon mahasiswa jangan ikut-ikut teman atau tren.

“Jadi adik-adik siswa SMP, SMA, SMK, MA begitu, mulai sekarang sudah bisa mengevaluasi diri memikirkan rencana masa depannya seperti apa. Serius memilih Perguruan Tinggi bukan karena ikut temannya begitu ya,” ungkap Kiki saat konferensi pers secara virtual, Selasa (10/1/2023).

Baca Juga

Kiki pun meminta agar para calon mahasiswa juga tidak hanya berorientasi untuk mencari gelar saja, namun juga kompetensi. Mengingat, kompetensi dari hasil belajar di bangku kuliah akan menjadi penentu saat mencari kerja.

“Kami ingin menyampaikan ke publik bahwa terutama ke adik-adik siswa kita begitu, ketika mereka melanjutkan studi itu bukan gelar yang dicari, tapi kompetensi,” tegasnya.

Baca Juga

Sementara itu, Kiki mengatakan tidak ada salahnya jika para calon mahasiswa memilih Program Diploma 3 atau D3. Meskipun, selama ini D3 sering dipersepsikan sebagai pilihan terakhir.

Baca Juga

“Jadi sebetulnya diploma itu bukan pilihan terakhir selama ini tetapi dikondisikan seperti terakhir karena proses seleksinya memang selalu belakangan gitu, jadi seleksi dulu yang akademik baru seleksi yang Vokasi sehingga terkesan ini adalah pilihan terakhir,” katanya.

Kiki pun menegaskan untuk seleksi D3 dan S1 juga sama-sama menggunakan tes literasi dan nalar. Sehingga, tidak ada perbedaan antara keduanya yang diharapkan calon mahasiswa bisa diberikan kesempatan yang sama untuk memilih D3 ataupun S1.

“Jadi itu sepenuhnya diserahkan kepada siswanya karena pada saat dia tes ya, seleksi basis tes, dia sudah menetapkan pilihannya D3 dan S1 begitu, soalnya sama, soalnya sama. Karena tadi kan soalnya mengukur hal yang dasar kompetensi dasar yang berkaitan dengan literasi dan logika nalar,” katanya.

Editor : Faieq Hidayat

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek