Pilihan

#NewsFlash: Prediksi Euro: Spanyol vs Jerman 5 Juli 2024 - Bola.net - Google Berita

Bersedia Direlokasi Pascakebakaran, Warga Plumpang Minta Ganti Untung - Beritasatu

 

Bersedia Direlokasi Pascakebakaran, Warga Plumpang Minta Ganti Untung

Minggu, 5 Maret 2023 | 19:42 WIB
Oleh: Muhammad Aulia / FMB

Presiden Jokowi saat menjenguk pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).
Presiden Jokowi saat menjenguk pengungsi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di RPTRA Rasela, Rawa Badak, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bicara soal peluang warga sekitar Depo Pertamina Plumpang, Jakarta direlokasi ke daerah lain usai peristiwa kebakaran Jumat (3/3/2023) lalu. Terkait hal itu, sejumlah warga meminta adanya kepastian atas nasib mereka.

Advertisement

Tulus (52) mengaku sudah tinggal di Plumpang kurang lebih selama 40 tahun. Diakui olehnya, dirinya tidak berpikir banyak saat memutuskan bertempat tinggal di area sekitar Depo Pertamina Plumpang.

"Yang penting ada tempat tinggal. Enggak peduli itu ada rintangan atau apa gitu. Kalau bencana itu kan bukan di sini saja, di mana-mana pasti ada bencana," ujar Tulus di Plumpang, Jakarta, MInggu (5/3/2023).

Sementara itu, Tulus mengakui pelaksanaan relokasi warga pada akhirnya menjadi keputusan pemerintah setempat nantinya. Hanya saja, dia menekankan agar bisa memperoleh kepastian untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Advertisement

"Iya, tempat tinggal ada. Itu saja," tutur Tulus.

Sementara itu, Gunawan (30) mengaku sudah tinggal di dekat Depo Pertamina Plumpang sejak 1991. Diungkapkan olehnya, dulu permukiman di sekitarnya masih belum dipadati penduduk.

Soal usulan relokasi, Gunawan meminta agar pemerintah menyiapkan uang ganti jika betul dilaksanakan. Dia pun menegaskan, kediamannya memiliki sertifikasi yang sah, sehingga legal di mata hukum.

"Kalau dapat, tanah resmi kan. Ganti untung, bukan ganti rugi. Kalau ganti rugi, rugi nanti," ungkap Gunawan.

Terkini, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mencari solusi agar kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak terulang.

Terdapat sejumlah opsi yang tersedia untuk mencegah peristiwa serupa terulang. Dua opsi di antaranya, merelokasi warga Tanah Merah atau merelokasi Depo Pertamina. Hal ini karena Depo Pertamina Plumpang merupakan zona berbahaya untuk dihuni warga.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang. Terutama, karena ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpang nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," kata Jokowi di posko pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek