Daftar BLT 2023 yang Cair Jelang Ramadhan, Cek Segera! - inews

Daftar BLT 2023 yang Cair Jelang Ramadhan, Cek Segera!

Daftar BLT 2023 yang Cair Jelang Ramadhan, Cek Segera!
Daftar BLT 2023 jelang Ramadhan (Foto: Ilustrasi/ist)

JAKARTA, iNews.id - Inilah daftar BLT 2023 yang akan cair jelang Ramadhan atau bulan Maret. Masyarakat yang telah terdaftar di layanan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dapat melakukan cek penerima bansos secara online di cekbansos.kemensos.go.id

Pencairan bansos 2023 memang sudah ditunggu-tunggu oleh para penerimanya. Masyarakat bisa memperoleh Bantuan Langsung Tunai (BLT) jika telah memenuhi syarat yang berlaku. 

Baca Juga

Sesuai dengan anggaran Jaminan Perlindungan Sosial yang dalam pengumuman APBN 2023, ada dana sebesar Rp471 triliun dari pemerintah yang bakal dibagi sepanjang tahun 2023.

Berikut ini beberapa BLT 2023 yang cair di bulan Maret jelang Ramadhan:

1. BLT Kemiskinan Ekstrem

BLT Kemiskinan Ekstrem ini adalah transformasi dari BLT Dana Desa. Penerima BLT ini akan dapatkan uang sebesar Rp300 ribu per bulan.

Baca Juga

Lain halnya dengan BLT Dana Desa, BLT Kemiskinan Ekstrem menyasar pada masyarakat kategori miskin ekstrem dengan penghasilan per hari yang tidak lebih dari Rp20 ribu.

Tujuan program bansos ini tak lain adalah untuk membantu program pemerintah dalam mencapai penghapusan Kemiskinan Ekstrem. BLT Kemiskinan Ekstrem dibiayai menggunakan anggaran 25 persen dari pagu Dana Desa.

Baca Juga

Pencairan tahap 1 BLT Kemiskinan Ekstrem telah mulai pada bulan Februari lalu. Namun, hal ini tentu bisa berbeda-beda tergantung dengan kebijakan pemerintah desa.

Dana BLT ini ada yang dicairkan per bulan sebesar Rp300 ribu, tetapi ada juga yang per 2 atau 3 bulan sekali sehingga nilainya sebesar Rp900 ribu.

Baca Juga

2. BLT PBI JK

BLT PBI JK adalah salah satu bansos yang rutin cair setiap bulannya. Untuk mengetahui daftar penerima BLT PBI JK, dapat dicek melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah telah menetapkan surat keputusan penerima BLT PBI JK setiap satu bulan sekali. Jika ingin menjadi penerima BLT PBI JK, maka syaratnya adalah harus terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Baca Juga

Tahun 2023 ini, pemerintah menambah kuota penerima PBI JK sebagai upaya memperluas akses fasilitas kesehatan gratis bagi masyarakat. BLT PBI JK ini tak bisa dicairkan dalam bentuk uang.

Sebab iuran yang dibayar pemerintah ini bakal langsung masuk ke rekening BPJS Kesehatan. Masyarakat bisa memanfaatkan BLT PBI JK ini hanya untuk melakukan pengobatan atau pemeriksaan di fasilitas kesehatan (Faskes) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

3. BLT PKH Tahap 1

BLT PKH tahap 1 adalah salah satu yang sangat dinanti masyarakat Indonesia. Cairnya BLT PKH tahap 1 bersamaan dengan pencairan BLT BPNT.

BLT PKH Tahap 1 yang dicairkan melalui Kantor Pos, KKS alias ATM Merah Putih, Bank BRI, BSI, dan Mandiri kini sudah mulai dicairkan per Selasa, 14 Maret 2023. 

Namun, bagi penerima yang melalui BTN sampai saat ini belum mendapat kabar kapan dicairkan. Proses cair atau tidaknya bisa dicek melalui pendamping PKH masing-masing. 

Editor : Komaruddin Bagja

Baca Juga

Komentar