Dari Korsel, Ridwan Kamil Murka Tahu Ranca Upas Hancur Dilindas Motor Trail - inews

 

Dari Korsel, Ridwan Kamil Murka Tahu Ranca Upas Hancur Dilindas Motor Trail

Dari Korsel, Ridwan Kamil Murka Tahu Ranca Upas Hancur Dilindas Motor Trail
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. (FOTO: ANTARA)

BANDUNG, iNews.id - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang tengah berada di Korea Selatan (Korsel), murka mengetahui objek wisata Ranca Upas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, rusak dilindas ratusan motor trail. Ridwan Kamil geram dan sangat menyayangkan pemberian izin untuk acara "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023" itu.

"Jika tidak profesional, event seperti ini jangan diberi izin," kata Ridwan Kamil dalam keterangan resminya, Jumat (10/3/2023).

Baca Juga

Ridwan Kamil menilai, kelestarian alam dan lingkungan adalah hal yang utama dan harus tetap dijaga dalam kondisi apapun.

"Jika panitia penyelenggara acara apapun tidak bisa memberi keyakinan akan penyelenggaraan yang profesional, sebaiknya jangan diizinkan oleh pengelola kawasan," ujar dia.

Baca Juga

Orang nomor satu di Jabar yang akrab disapa Kang EMil ini pun meminta penyelenggara acara dan para peserta bertanggung jawab atas kerusakan lingkungan tersebut.

Baca Juga

"Kepada panitia dan peserta sebaiknya gotong royong memperbaiki kerusakan lingkungan yang ditimbulkan oleh kegiatan ini," tutur Kang Emil.

Dia pun berharap, peristiwa ini bisa menjadi pelajaran bagi semua pihak dan tidak terulang di kemudian hari.

Baca Juga

"Semoga tidak terulang ke depannya," tandasnya.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna juga mengaku geram melihat kondisi Ranca Upas yang rusak akibat kegiatan "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023". Menurut Dadang, kegiatan tersebut hanyalah merusak lingkungan.

Baca Juga

"Tentunya, saya sangat menyayangkan dan mengecam keras kejadian ini. Kita pemerintah Kabupaten Bandung tidak pernah mendukung dan memberikan izin terhadap kegiatan yang merusak lingkungan dan hutan," ucap Dadang Supriatna lewat akun Instagram pribadi. 

Diketahui, kegiatan "Ranca Upas Camping Adventure Explore 2023" mendapat kecaman dari berbagai pihak. Pasalnya, kegiatan outdoor dengan motor trail ini merusak tanaman yang dibudidayakan di kawasan wisata alam Ranca Upas, Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang digelar pada Minggu (5/3/2023) ini  viral di media sosial (medsos) lantaran terjadi gesekan antara panitia dengan peserta. Kemudian, para peserta juga membakar dua buah motor di wilayah Ranca Upas.

Apapun kabar rusaknya kawasan hutan Ranca Upas mencuat setelah video kecaman yang disampaikan Mang Uprit, seorang petani yang tak terima bunga rawa yang ditanam di Ranca Upas hancur akibat event motor trail itu.

Editor : Agus Warsudi

Follow Berita iNewsJabar di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar