Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu- inews

 

Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu

Angga Rosa
Gunung Merapi Luncurkan Awan Panas, Sejumlah Desa di Magelang Diguyur Hujan Abu
Hujan abu mengguyur wilayah Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang saat Gunung Merapi erupsi, Sabtu (11/3/2023). Foto: Ist.

MAGELANG, iNews.id Gunung Merapi memuntahkan awan panas guguran pada Sabtu (11/3/2023) pukul 12.12 WIB. Sebaran abu vulkanis mengarah ke sisi barat daya. 

Masyarakat diimbau menjauhi daerah bahaya erupsi Gunung Merapi. Jarak 7 kilometer dari puncak Gunung Merapi di alur Kali Bebeng dan Krasak dikosongkan dari aktivitas masyarakat.

Baca Juga

Sementara, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Srumbung, Pakis dan kecamatan lainnya di Kabupaten Magelang diguyur hujan abu tipis hingga sedang.

"Beberapa waktu setelah guguran awan panas, desa kami diguyur hujan abu," kata Sigit (30) warga Srumbung, Magelang. 

Baca Juga

Dia mengatakan, hujan abu yang terjadi saat ini cukup tebal. Genteng rumah dan pohon di halaman, sebagian berubah warna jadi abu-abu karena terkena abu vulkanis. 

Baca Juga

Menurutnya, warga sudah terbiasa dengan aktivitas vulkanik Gunung Merapi. Meski demikian, mereka tetap waspada dan terus memantau perkembangan aktivitas gunung teraktif di dunia itu. 

Apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi yang lebih besar, warga sudah tahu langkah apa yang harus mereka lakukan untuk menyelamatkan diri. 

Baca Juga

"Warga sudah terbiasa. Apalagi selama kurang lebih satu tahun belakangan, sering terjadi awan panas guguran dan aktivitas vulkanik lainnya," ujar Sigit. 

Editor : Ary Wahyu Wibowo

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Bagikan Artikel:
line sharing button

Baca Juga

Komentar