Pilihan

Ini Tips dari Mabes TNI agar Gadis-gadis Tidak Tertipu Tentara Gadungan - inews

 

Ini Tips dari Mabes TNI agar Gadis-gadis Tidak Tertipu Tentara Gadungan

Ini Tips dari Mabes TNI agar Gadis-gadis Tidak Tertipu Tentara Gadungan
Kapuspen TNI Laksda Kisdiyanto (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Kasus prajurit TNI gadungan tengah marak di berbagai daerah. Tentara palsu itu biasanya menipu para perempuan, berpura-pura berprofesi sebagai TNI.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksda Kisdiyanto memberikan tips kepada para gadis agar tidak tertipu tentara gadungan.

Baca Juga

Ketika didekati seseorang yang mengaku TNI, perempuan bisa bertanya di satuan mana lelaki tersebut berdinas. Lalu, pria tersebut bisa diminta mengajak sang perempuan ke markas satuannya.

"Terkait dengan TNI gadungan yang sekarang cukup marak ini ya, mohon apabila ada tindakan mencurigakan misalnya meminta uang, kemudian mengaku-ngaku misalnya seorang gadis didekati sama anggota TNI, harusnya tanya dulu, 'Mas dinasnya di kesatuan mana?'," kata Kisdiyanto di Pusat Misi Pemeliharaan Perdamaian (PMPP) TNI, Sentul, Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/3/2023).

Baca Juga

"Dia bisa ngomong di kesatuan A, B, C, D, 'ajak dong saya ke kesatuannya'. Kalau kalian didekati oleh TNI terus tidak ke kesatuannya, harus curiga dong. Kenapa dia nggak mau lihatin kantornya," sambungnya.

Kisdiyanto menegaskan, jika pria tersebut benar prajurit TNI maka bisa terlihat siapa teman-temannya.

"Artinya kalau memang berkenalan lewat medsos atau media lain, kalau bisa 'Mas ajak dong ke kesatuannya', jadi bisa tahu teman-temannya. Jangan tahu dia sendiri pakai pangkat letkol lah, jenderal lah ya itu," katanya.

Warga juga bisa mencurigai TNI gadungan dengan melihat pemakaian atribut yang asal-asalan. Pasalnya pemakaian atribut TNI ada aturannya.

"Kalau dilihat seorang tentara pakai atribut yang ngawur, baik atribut tentara darat kok campur dengan laut, dengan satuan udara misalnya, itu berarti gadungan sudah tahu. Seragamnya sudah ketahuan ngawur itu," ujar Kisdiyanto.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek