Jokowi Bagikan Sembako dan Ayam Goreng untuk Korban Kebakaran Depo Pertamina - Beritasatu

 

Jokowi Bagikan Sembako dan Ayam Goreng untuk Korban Kebakaran Depo Pertamina

Minggu, 5 Maret 2023 | 11:39 WIB
Oleh: Ichsan Ali / FFS

Salah seorang korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di posko pengungsian RPTRA Rasela, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara menunjukkan bantuan yang dibagikan Presiden Jokowi, Minggu, 5 Maret 2023. 
Salah seorang korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di posko pengungsian RPTRA Rasela, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara menunjukkan bantuan yang dibagikan Presiden Jokowi, Minggu, 5 Maret 2023.  (Foto: Beritasatu.com/ Ichsan Ali)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi membagikan sembako, uang tunai, dan paket nasi ayam goreng kepada korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang di posko pengungsian RPTRA Rasela, Rawabadak Selatan, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023) pagi.

Advertisement

Jokowi membagikan ratusan paket sembako yang terdiri dari beras, minyak goreng, teh, gula pasir, biskuit, dan air mineral. Selain sembako, Jokowi membagikan uang tunai sebesar Rp 25 juta per tenda pengungsian.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini," ungkap Jokowi kepada wartawan usai menyapa para pengungsi.

Selain itu, Jokowi memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk mencari solusi agar kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak terulang. Hal ini karena permukiman warga Tanah Merah yang dekat dengan Depo Pertamina adalah zona berbahaya.

Advertisement

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang. Terutama, karena ini zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya," tegasnya.

Jokowi menyatakan, memberi dua opsi yakni warga Tanah Merah atau Depo Pertamina yang dipindahkan.

"Bisa saja (Depo Pertamina) Plumpang-nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi. Ini yang baru nanti dibicarakan. Ada pilihan-pilihan, ada opsi-opsi, apakah deponya yang digeser, apakah masyarakatnya yang digeser. Kalau digeser tanahnya di mana?. Tetapi harus segera ditemukan solusinya," kata Jokowi.

Saat meninjau lokasi pengungsian, Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana; Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy; Menteri BUMN, Erick Thohir; Kepala BNPB, Letjen TNI Suharyanto; dan PJ Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar