Pilihan

Jokowi Minta Depo Pertamina Plumpang Ditata Ulang: Bisa Digeser atau Penduduk Direlokasi - inews

 

Jokowi Minta Depo Pertamina Plumpang Ditata Ulang: Bisa Digeser atau Penduduk Direlokasi

Carlos Roy Fajarta
Jokowi Minta Depo Pertamina Plumpang Ditata Ulang: Bisa Digeser atau Penduduk Direlokasi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara ditata ulang untuk mencegah tragedi kebakaran terulang. (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara ditata ulang untuk mencegah tragedi kebakaran terulang. Dia mengatakan ada dua solusi yang setidaknya bisa diambil.

Hal tersebut disampaikan Jokowi usai memberikan bantuan dan berdialog dengan warga korban kebakaran di tenda pengungsian yang ada di RPTRA Rasela Jakarta Utara pada Minggu (5/3/2023). Awalnya, Jokowi menyampaikan turut berduka cita bagi para pengungsi.

Baca Juga

"Saya menyampaikan ucapan belasungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini," ujar Jokowi.

Jokowi mengaku sudah memerintahkan Menteri BUMN Erick Thohir dan juga Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang.

Baca Juga

"Pertama karena ini memang zona yang bahaya. Tidak bisa lagi ditinggali, tapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpang (TBBM Depo) digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser, direlokasi," kata Jokowi.

Presiden menyebutkan keputusan mengenai tata ulang depo itu akan diambil oleh Pertamina selaku pemilik lahan dan Pemprov DKI Jakarta.

"Saya kira nanti akan diputuskan oleh Pertamina dan Gubernur DKI," tutur Jokowi.

Sebagaimana diketahui dalam konferensi pers di RSPP pada Sabtu (4/3/2023), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 18 warga meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan masih ada 18 orang yang belum ditemukan akibat kebakaran di Kampung Tanah Merah Plumpang Jakarta Utara tersebut. Sebanyak 51 orang mengalami luka-luka dengan rincian 49 orang luka berat dan 2 orang luka ringan.

Kebakaran melanda Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.11 WIB. Warga sempat mencium bau BBM sangat menyengat sebelum api menyala. Diduga ada kebocoran pipa BBM di dalam area depo.

Api kemudian berhasil dipadamkan pada Sabtu (4/3/2023) pukul 02.19 WIB. Dampak kebakaran meluas ke pemukiman warga di Kampung Tanah Merah yang bersebelahan dari lokasi.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek