Pilihan

Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kebakaran Depo Pertamina yang Menewaskan 19 Warga - Beritasatu

 

Jokowi Sampaikan Belasungkawa atas Kebakaran Depo Pertamina yang Menewaskan 19 Warga

Minggu, 5 Maret 2023 | 10:47 WIB
Oleh: Muhammad Aulia / FFS

Joko Widodo.
Joko Widodo. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan belasungkawa kepada para korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang. Hingga saat ini, tercatat terdapat 19 warga yang meninggal dunia atas peristiwa kebakaran yang terjadi pada Jumat (3/3/2023 malam itu.

Advertisement

Ucapan belasungkawa disampaikan Presiden Jokowi saat mengunjungi posko pengungsian korban kebakaran Depo Pertamina di RPTRA Rasela, Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023). Jokowi tiba di posko pengungsian dengan didampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

"Yang pertama saya ingin menyampaikan ucapan bela sungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, penyaluran bantuan untuk para warga terdampak kebakaran Depo Pertamina akan ditangani oleh Pemprov DKI.

Advertisement

"Nanti diurus oleh Pak Gubernur," katanya.

Dalam kesempatan ini, Jokowi meminta Menteri BUMN, Erick Thohir dan Heru Budi Hartono untuk mencari solusi agar peristiwa kebakaran Depo Pertamina Plumpang tidak terulang. Dikatakan, kawasan Plumpang dan Tanah Merah yang berada dekat dengan Depo Pertamina merupakan zona yang berbahaya.

"Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja (Depo Pertamina) Plumpang-nya digeser ke reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," katanya.

Menurut Jokowi, keputusan mengenai hal tersebut akan dibahas dan diputuskan oleh Pertamina dan Pemprov DKI. Yang pasti, katanya, zona-zona permukiman yang berbahaya seperti Plumpang harus dievaluasi karena menyangkut nyawa manusia.

"Ini akan segera diputuskan sehari dua hari ini oleh Pertamina, Gubernur DKI sehingga solusinya menjadi jelas. Tetapi memang zona ini memang harusnya zona air. Entah dibuat sungai, entah dibuat, harus melindungi dari objek vital yang kita miliki. Karena barang-barang didalamnya barang-barang yang sangat bahaya untuk berdekatan dengan masyarakat. Apalagi dengan permukiman penduduk," katanya.

Diberitakan, kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, Jumat (3/3/2023) malam. Sejauh ini tercatat 19 orang meninggal dunia dalam kebakaran tersebut.

Penanggung Jawab Piket Koramil 01 Koja, Serda Warno pada Sabtu (4/3/2023) malam menyatakan, korban meninggal dunia sebanyak 19 orang. Selain itu, terdapat 49 orang luka-luka dan korban hilang sebanyak tiga orang.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek