Kilang Balongan Jamin Kelancaran Pasokan BBM Ke Plumpang - Beritasatu

 

Kilang Balongan Jamin Kelancaran Pasokan BBM Ke Plumpang

Minggu, 5 Maret 2023 | 06:21 WIB
Oleh: Chandra Kurnia / WBP

Seorang pekerja melakukan pemeriksaan rutin pipa di kilang Balongan, Pertamina.
Seorang pekerja melakukan pemeriksaan rutin pipa di kilang Balongan, Pertamina. (Foto: Dok)

Indramayu, Beritasatu.com - PT Kilang Pertamina Internasional Unit VI Balongan atau kilang Balongan menjamin pasokan BBM atau bahan bakar minyak ke Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Plumpang tetap aman dan lancar.

Advertisement

Manager Communication, Relation & CSR Kilang Balongan Zulkifli menyampaikan bahwa kebakaran TBBM Plumpang pada Jumat (3/3/2023) tidak akan mempengaruhi kegiatan operasional Refenery Unit (RU) VI Balongan.

"Kilang Balongan tetap beroperasional dengan aman, kami terus mengupayakan terpenuhinya kebutuhan energi nasional, khususnya menjaga agar pasokan BBM ke Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta dan sekitarnya tetap lancar," terangnya.

Kilang Unit VI Balongan merupakan Kilang dengan kapasitas 150 MBSD yang menyumbang 12,1% dari kapasitas seluruh Kilang Pertamina di Indonesia. Area DKI Jakarta dan Jawa Barat sendiri menjadi wilayah utama pendistribusian produk dari Kilang Unit VI Balongan dengan estimasi besaran 82% jika dibandingkan wilayah lainnya.

Advertisement

Lebih lanjut, Zulkifli menegaskan, masyarakat tidak perlu panik akan berkurangnya pasokan BBM khususnya ke wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pasca-kejadian.

"Kilang Unit VI Balongan saat ini tetap beroperasi normal dan aman, serta terus berkomitmen memenuhi kebutuhan BBM bagi masyarakat dalam negeri," tegasnya.

Diketahui, kebakaran melanda Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara, pada Jumat malam (3/3/2023) sekitar pukul 20.11 WIB. Belasan orang meninggal dan ribuan orang mengungsi, akibat dari kebakaran tersebut.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar