Kisah Dian Neo Japan, Youtuber Asal Lombok yang Sukses Di Jepang - suara

Kisah Dian Neo Japan, Youtuber Asal Lombok yang Sukses Di Jepang

M. Iqbal
Kisah Dian Neo Japan, Youtuber Asal Lombok yang Sukses Di Jepang
Dian Kusuma Neo Japan (Youtube Denny Sumargo)

NTB.Suara.com – Youtuber Dian Neo Japan yang memiliki subscriber 1,8 juta karena membuat konten soal Jepang dan kesehariannya di Jepang ternyata berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Dian berasal dari kota Mataram, Dian mengaku awal ke Jepang pada 2011 ikut program pengiriman pekerja migran Indonesia (PMI) yang merupakan program pemerintah.

Di Youtube Denny Sumargo, Dian mengaku tidak sengaja pergi ke Jepang, dia hanya ikut-ikutan tes karena diajak oleh sepupunya. Ternyata Dian yang Lulus sedangkan sepupunya tidak lulus, akhirnya Dian pergi sendirian ke Jepang untuk magang di pabrik box..

Awal bekerja di Jepang Dian mengaku ragu apakah mampu beradaptasi dengan budaya kerja Jepang. Dia membeberkan satu tahun pertama penuh dengan tekanan. Faktor pertama yang membuat dia merasa sulit beradaptasi karena kemampuan Bahasa Jepangnya masih sulit.

Karena kurang menguasai Bahasa Jepang secara aktif, Dian tidak jarang menjadi bahan bullyan rekan kerjanya yang lebih senior. “Saya di pabrik dua tahun itu shock culture banget, saya pikir anak magang itu kerjaannya beda, mungkin agak ringan, ternyata sama, gajinya lebih rendah. Saya dua tahun lo di buli,” kata Dian.

Bahkan ketika tidak tahan dibully, Dian bahkan nangis di toilet untuk melampiaskan perasaannya. “Saya waktu magang ke toilet nangis, capek hati capek kerja, saya telepon keluarga, curhat. Makanya itu yang bikin harus bisa Bahasa Jepang, kalau kita bisa Bahasa Jepang mereka ndak berani macam-macam,” kata Dian.

Dian menceritakan awalnya membuat youtube untuk mengisi waktu senggangnya selama tiga bulan karena belum boleh bekerja.

“Saya kan visanya undangan tiga bulan, jadi waktu senggang selama tiga bulan itu saya manfaatin,  saya nonton youtube juga, saya nyoba-nyoba, saya dasarnya guide jadi saya tahu cara melayani tamu, skill itu saya pakai di Jepang, saya buat hal yang bikin orang tidak kaget dengan culture Indonesia,” ujar Dian.

Melihat kontennya disukai oleh masyarakat Indonesia, Dian semakin rutin membuat konten hingga subscriber nya mencapai 1,8 juta. Dian mengaku penghasilan dari youtube membantu biaya hidupnya di Jepang. 

Baca Juga

Komentar