Kondisi Terkini Permukiman Terdampak Kebakaran Depo Plumpang, Jadi Tontonan Warga - inews

 

Kondisi Terkini Permukiman Terdampak Kebakaran Depo Plumpang, Jadi Tontonan Warga

Carlos Roy Fajarta
Kondisi Terkini Permukiman Terdampak Kebakaran Depo Plumpang, Jadi Tontonan Warga
Bekas kebakaran Depo Pertamina Plumpang di Jalan Kampung Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara menjadi bahan tontonan warga yang penasaran pada Minggu (5/3/2023) pagi. (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Puluhan rumah yang terbakar di sepanjang Jalan Kampung Tanah Merah Bawah, Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara menjadi bahan tontonan warga yang penasaran pada Minggu (5/3/2023) pagi. Mereka melihat dari luar garis polisi yang dipasang di lokasi.

Sejumlah warga, baik yang sedang bersepeda di akhir pekan maupun yang berjalan kali tampak menyusuri bekasi kebakaran di ruas jalan tersebut. Tampak sejumlah warga mengabadikan foto dan video bangunan yang terbakar tersebut dengan kamera yang mereka miliki.

Baca Juga

Bahkan ada beberapa yang melakukan live streaming melalui akun media sosial mereka. Kondisi bangunan yang habis terbakar dan hancur pada hari kedua pascakebakaran belum banyak berubah.

Puing-puing sisa bangun yang hancur dan habis terbakar tampak belum disentuh oleh para penyewa atau pemilik lahannya. Lahan di Kampung Tanah Merah diketahui sifatnya berstatus Hak Guna Bangunan karena lahan di area tersebut masih berstatus gray area dan milik Pertamina.

Baca Juga

Terkini, hujan mengguyur kawasan tersebut. Sejumlah warga bertahan dan mencari tempat berteduh dari hujan.

Sebagaimana diketahui dalam konferensi pers di RSPP pada Sabtu (4/3/2023), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 18 warga meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan masih ada 18 orang yang belum ditemukan akibat kebakaran di Kampung Tanah Merah Plumpang Jakarta Utara tersebut.

Lalu ada 51 orang mengalami luka-luka dengan rincian 49 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Sebanyak 1.085 warga mengungsi di sejumlah pos pengungsian yang ada di RPTRA Rasella, gedung Golkar Walang, kantor PMI Jakarta Utara, Kantor Lurah Rawa Badak Selatan, kantor Subdinakertrans dan Energi Jakarta Utara, Masjid Al Kuromas, Masjid As Sholihin, dan Masjid Al Muhajirin.

Kebakaran melanda Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.11 WIB. Warga sempat mencium bau BBM sangat menyengat sebelum api menyala. Diduga ada kebocoran pipa BBM di dalam area depo.

Api kemudian berhasil dipadamkan pada Sabtu (4/3/2023) pukul 02.19 WIB. Dampak kebakaran meluas ke pemukiman warga di Kampung Tanah Merah yang bersebelahan dengan depo.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar