Penyebab Kebakaran Depo Plumpang, Diduga Ada Gangguan Teknis saat Pengisian BBM - inews

 

Penyebab Kebakaran Depo Plumpang, Diduga Ada Gangguan Teknis saat Pengisian BBM

Antara
Penyebab Kebakaran Depo Plumpang, Diduga Ada Gangguan Teknis saat Pengisian BBM
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau Kampung Tanah Merah Plumpang dekat lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang. (Foto: MPI/Jonathan Nalom)

JAKARTA, iNews.id - Polisi masih terus mengusut penyebab kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) yang menyebabkan 19 warga tewas. Diduga api muncul karena ada gangguan teknis saat pengisian bahan bakar minyak (BBM).

Dugaan itu disampaikan langsung oleh Kepala Polri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo usai meninjau lokasi. Dia menyebut BBM jenis Pertamax dibawa dari Kilang Pertamina Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat untuk disimpan di depo Pertamina Plumpang.

Baca Juga

"Diduga gangguan teknis terjadi pada saat pengisian menyebabkan adanya tekanan berlebih yang membuat depo Pertamina terbakar," kata Sigit.

Sehingga dugaan awal adanya gangguan teknis saat pengisian BBM yang menjadi titik awal penyebab kebakaran tersebut perlu untuk diselidiki lebih lanjut.

Baca Juga

"Jadi, tim gabungan dari Polda Metro Jaya dan Bareskrim melaksanakan olah TKP awal di mana di dalamnya ada Puslabfor kemudian ada Pusident/ Pusinafis dan tentunya kami mendatangi titik awal terjadinya kebakaran dan saat ini sedang dalam pendalaman. Tentunya saat ini saya belum bisa jelaskan karena saat ini tim sedang bekerja," kata Sigit.

Untuk mendalami gangguan teknis, tim penyelidik Polri akan memeriksa sejumlah saksi-saksi yang diperlukan mulai dari masyarakat hingga manajemen Depo Pertamina Plumpang. Termasuk juga dari kalangan ahli.

Sementara itu, Komisaris PT Pertamina (Persero) Pahala Mansuri mengatakan Pertamina akan berusaha membantu Polri untuk melakukan investigasi mendalam terkait penyebab terbakarnya Depo Pertamina Plumpang tersebut. Namun hingga saat ini pihaknya masih belum dapat memastikan apa yang menjadi penyebab terbakarnya Depo Pertamina tersebut.

Sebelumnya, warga menyebut bau BBM menyengat tercium sebelum kebakaran terjadi. Api kemudian merembet ke ratusan rumah di Kampung Tanah Merah, Koja yang berbatasan langsung dengan depo pun .

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar