Pilihan

Korban Kebakaran Depo Plumpang Pusing Burungnya Dicuri, Minta Polisi Bertindak - inews

 

Korban Kebakaran Depo Plumpang Pusing Burungnya Dicuri, Minta Polisi Bertindak

Carlos Roy Fajarta
Korban Kebakaran Depo Plumpang Pusing Burungnya Dicuri, Minta Polisi Bertindak
Warga Jalan Tanah Merah Bawah, Koja, Jakarta Utara yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Abdullah (45) mengaku kemalingan burung. (Foto: MPI/Carlos Roy Fajarta)

JAKARTA, iNews.id - Warga Jalan Tanah Merah Bawah, Koja, Jakarta Utara yang menjadi korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Abdullah (45) mengaku kemalingan. Burung lovebird yang digantungnya di sisa rumahnya yang hangus dicuri seorang pemuda.

"Itu ada maling, ini burung milik saya kok malah diambil anak itu. Ini kok ada cirinya seperti ini," ujar Abdullah di lokasi, Minggu (5/3/2023).

Baca Juga

Kejadian tersebut lantas menarik sejumlah warga berkumpul. Pemuda yang membawa burung milik Abdullah kemudian menyerahkan burung tersebut dan berlalu seperti tidak merasa bersalah.

Abdullah mengungkapkan banyak pemulung yang bukan pemilik atau penghuni bangunan melakukan pencurian dan pengambilan barang milik warga yang ditinggalkan usai kebakaran hebat pada Jumat (3/3/2023) malam.

Baca Juga

"Banyak bangunan warga yang kena maling, itu harusnya jadi perhatian dari pak polisi untuk menghimbau agar warga dari luar jangan sembarangan masuk ke dalam area ini," kata Abdullah.

Abdullah juga merasa geram dengan orang-orang yang hanya melihat sisa bangunan yang terbakar seperti sedang berwisata atau berjalan-jalan melihat.

"Orang sedang sudah begini malah dijadikan bahan tontonan. Bukannya nolongin," kata Abdullah dengan nada bercanda sehingga membuat warga sekitar tertawa.

Pada Minggu (5/3/2023) pagi lokasi hunian warga Kampung Tanah Merah Bawah yang terbakar dipenuhi warga menonton sisa puing-puing bangunan warga. Lahan di Kampung Tanah Merah diketahui sifatnya berstatus Hak Guna Bangunan karena lahan di area tersebut masih berstatus gray area dan milik Pertamina.

Sebagaimana diketahui dalam konferensi pers di RSPP pada Sabtu (4/3/2023), Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan sebanyak 18 warga meninggal dunia akibat kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan masih ada 18 orang yang belum ditemukan akibat kebakaran di Kampung Tanah Merah Plumpang Jakarta Utara tersebut.

Lalu ada 51 orang mengalami luka-luka dengan rincian 49 orang luka berat dan 2 orang luka ringan. Sebanyak 1.085 warga mengungsi di sejumlah pos pengungsian yang ada di RPTRA Rasella, gedung Golkar Walang, kantor PMI Jakarta Utara, Kantor Lurah Rawa Badak Selatan, kantor Subdinakertrans dan Energi Jakarta Utara, Masjid Al Kuromas, Masjid As Sholihin, dan Masjid Al Muhajirin.

Kebakaran melanda Depo TBBM Pertamina Plumpang, Jakarta Utara pada Jumat (3/3/2023) malam sekitar pukul 20.11 WIB. Warga sempat mencium bau BBM sangat menyengat sebelum api menyala. Diduga ada kebocoran pipa BBM di dalam area depo.

Api kemudian berhasil dipadamkan pada Sabtu (4/3/2023) pukul 02.19 WIB. Dampak kebakaran meluas ke pemukiman warga di Kampung Tanah Merah yang bersebelahan dengan lokasi.

Editor : Rizal Bomantama

Follow Berita iNews di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek