KPK: Rafael Pejabat Pajak Beli Rubicon dari Penghuni Gang di Mampang - CNN Indonesia

 

KPK: Rafael Pejabat Pajak Beli Rubicon dari Penghuni Gang di Mampang

CNN Indonesia
3-4 minutes
Rabu, 01 Mar 2023 19:44 WIB

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan Rafel Alun Trisambodo lantas menjual mobil Jeep Rubicon itu kepada kakaknya.

KPK menyebut pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo membeli mobil Jeep Rubicon dari seseorang yang tinggal di sebuah gang di daerah Mampang, Jakarta Selatan. (Detikcom/Ari Saputra)

Yuk, daftarkan email jika ingin menerima Newsletter kami setiap awal pekan.

Jakarta, CNN Indonesia --

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut pejabat Direktorat Jenderal Pajak Rafael Alun Trisambodo membeli mobil Jeep Rubicon dari seseorang yang tinggal di sebuah gang di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan telah menerjunkan tim ke lapangan untuk memeriksa pemilik pertama Rubicon tersebut. Menurutnya, Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) Rubicon tersebut bukan atas nama Rafael.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Dan kita datangi alamat yang kita punya, itu gang di daerah Mampang. Jadi memang orangnya sudah pergi, tapi itu alamat di dalam gang. Jadi kita pikir ini tidak mungkin dia punya itu," kata Pahala dalam jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (1/3).

Pahala menjelaskan pihaknya telah mengklarifikasi kepemilikan mobil tersebut secara langsung kepada Rafael. Dalam klarifikasi, Rafael mengaku telah menjual mobil itu kepada sang kakak.

"Jadi dari yang di gang, lantas dia beli, dia jual lagi ke kakaknya. Jadi kita bilang, ya sudah, kasih unjuk saja dokumennya, nanti dia akan bawakan. Itu yang Rubicon," ujarnya.

Selain Rubicon, kata Pahala, pihaknya juga melakukan klarifikasi soal Harley Davidson yang kerap dipamerkan putra Rafael, Mario Dandy Satriyo. Namun, motor gede itu tak memiliki pelat nomor.

"Yang Harley Davidson karena enggak ada pelat nomor, kita juga enggak bisa cari kemana-mana," katanya.

Rafael mendatangi KPK untuk menjalani proses klarifikasi terkait harta kekayaannya yang mencapai Rp56,1 miliar. Lembaga antirasuah itu juga mendalami kepemilikan Jeep Rubicon dan Harley Davidson.

Rafael menyatakan sudah menyampaikan semua hal terkait harta kekayaannya kepada KPK. Ia enggan menjawab pertanyaan awak media lebih lanjut dan berujar sudah lelah usai seharian diperiksa penyidik KPK.

"Saya sudah sampaikan itu, sudah ya permisi, saya sudah lelah dari pagi sampai ini tolong kasihan saya ya saya sudah lelah," ujar Rafael di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (1/3).

(pop/fra)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: KPK Ungkap Hasil Penelusuran Pemilik Rubicon Dan Harley Rafael

Baca Juga

Komentar