Lawan Stigma Negatif Menstruasi, Film Ana & The Red Wings Diluncurkan

 

Lawan Stigma Negatif Menstruasi, FilmAna & The Red Wings Diluncurkan


Minggu, 12 Maret 2023 | 21:29 WIB
Oleh: Chairul Fikri / WDP

Ilustrasi PMS.
Ilustrasi PMS. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Stigma negatif tentang wanita yang tengah menstruasi memang terus diredam untuk mewujudkan kesadaran publik terhadap pentingnya akses kesehatan serta kebersihan di Indonesia Timur.

Advertisement

Hal itu yang kemudian mendasari pihak Softex untuk meluncurkan sebuah film pendek dan pameran karya bertajuk "Ana & The Red Wings" yang akan akan berkisah tentang kehidupan masyarakat di pelosok Indonesia, dimana film ini juga sebagai apresiasi terhadap peringatan Hari Perempuan Internasional.

"Kami sangat senang dapat bekerjasama kembali dengan UNICEF Indonesia. Sebelumnya, program ini telah membawa dampak positif bagi remaja putri di daerah Papua, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur. Kami berharap kemitraan ini dapat membangun kesadaran masyarakat tentang masalah seputar Manajemen Kesehatan Menstruasi (MKM) serta meningkatkan kesejahteraan remaja di wilayah Indonesia Timur," ungkap Presiden Direktur PT Softex Indonesia, Kadir Gunduz dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (12/3/2023).

Ditambahkan Kadir, selain meluncurkan sebuah film pendek tentang edukasi menstruasi pada wanita, puhaknya juga memberikan bantuan sebesar Rp 15 miliar kepada UNICEF Indonesia untuk program penyediaan akses fasilitas air bersih, sanitasi, dan kebersihan yang mempertimbangkan aspek kesetaraan gender serta inklusi sosial serta meningkatkan kualitas hidup remaja putri di Indonesia.

Advertisement

"Ini sebagai upaya nyata kita memberikan dampak bagi masyarakat dan menciptakan dunia yang lebih baik untuk generasi mendatang. Karena menurut data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang dipublikasikan oleh Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi bersama UNICEF, 52 persen sekolah di Indonesia memiliki fasilitas toilet perempuan dan akses kebersihan menstruasi yang kurang layak," tambahnya.

Sementara itu, Shanna Shannon yang merupakan penyanyi muda sekaligus Founder of Yayasan Shanna Shannon Indonesia Banget menyampaikan apresiasi yang besar kepada pihak Softex dan Unicef Indonesia atas dedikasi mereka untuk terus memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat khususnya wanita untuk menurunkan stigma negatif tentang wanita menstruasi.

"Aku khawatir melihat riset UNICEF yang mengatakan bahwa 1 dari 7 remaja putri di Indonesia tidak masuk sekolah pada saat menstruasi karena kurangnya edukasi dan fasilitas kebersihan. Data tersebut membuat aku tergerak untuk memberikan edukasi kepada remaja putri di beberapa sekolah di Indonesia bagian timur khususnya di NTT. Lewat film dan Pameran ini kita harapkan masyarakat juga sadar pentingnya kesehatan saat menstruasi di tengah masyarakat," tandasnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar