Lima Pengobatan Rumahan untuk Atasi Nyeri Menstruasi - Beritasatu

 

Lima Pengobatan Rumahan untuk Atasi Nyeri Menstruasi

Minggu, 19 Februari 2023 | 15:18 WIB
Oleh: Winda Destiana Putri / WDP

Nyeri menstruasi masih menjadi hal yang menyakitkan bagi setiap perempuan. Terutama di hari pertama datang bulan berlangsung.
Nyeri menstruasi masih menjadi hal yang menyakitkan bagi setiap perempuan. Terutama di hari pertama datang bulan berlangsung. (Foto: Istimewa)

Jakarta, Beritasatu.com - Nyeri menstruasi masih menjadi hal yang menyakitkan bagi setiap perempuan. Terutama di hari pertama datang bulan berlangsung. Kebanyakan perempuan tidak bisa melakukan banyak aktifitas.

Advertisement

Dalam beberapa kasus, pengobatan dapat membantu untuk meringankan atau menyembuhkan nyeri menstruasi tersebut. Saat menstruasi, rahim berkontraksi untuk menekan lapisan dari dinding rahim dan membiarkannya keluar dari tubuh melalui vagina. Kontraksi ini dapat menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Banyak orang menyebutnya sebagai kram.

Kram menstruasi cenderung lebih buruk pada awal periode dan menjadi kurang nyaman seiring berjalannya waktu. Namun, banyak pengobatan rumahan yang dapat membantu meredakan kram tersebut.

Mengutip laman Medical News Today, Minggu (19/2/2023), berikut ulasannya.

Advertisement

1. Tempelkan botol air hangat ke perut

Menempatkan botol air hangat atau bantalan pemanas di perut dapat mengendurkan otot dan meredakan kram. Panas tersebut membantu otot rahim dan sekitarnya rileks, yang dapat meredakan kram dan ketidaknyamanan.

Seseorang juga dapat meletakkan bantalan pemanas di punggung bawah untuk menghilangkan sakit punggung. Pilihan lainnya adalah dengan berendam di air hangat, yang dapat membantu melemaskan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

2. Olahraga ringan

Meskipun olahraga mungkin menjadi hal terakhir yang ingin dilakukan banyak orang saat mengalami kram, olahraga dapat meredakan nyeri.

Olahraga berat mungkin tidak bermanfaat jika seseorang kesakitan, tetapi peregangan ringan, berjalan-jalan, atau melakukan yoga dapat membantu. Olahraga juga melepaskan endorfin, yang merupakan pereda nyeri alami.

Sebuah studi menemukan bahwa dua kali seminggu mengikuti kelas yoga terbukti dapat mengurangi kram menstruasi pada peserta penelitian.

3. Akupunktur

Penelitian telah menunjukkan bahwa akupunktur dapat meredakan kram menstruasi. Perawatan ini dapat mengurangi peradangan, selain melepaskan endorfin dan membantu orang untuk rileks.

Seseorang mungkin mendapat manfaat dari kursus akupunktur yang berkelanjutan daripada hanya dilakukan satu sesi saja.

4. Pijat perut

Melakukan pijatan sendiri di atas perut juga dapat mengendurkan otot panggul dan meredakan kram. Orang dapat dengan lembut menggosokkan minyak pijat, body lotion, atau minyak kelapa ke kulit mereka untuk membantu proses ini.

5. Pertimbangkan perubahan pola makan

Membuat beberapa perubahan pada pola makan dapat mengurangi kram menstruasi. Selain itu, mengonsumsi makanan seimbang yang kaya asam lemak omega-3, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, protein tanpa lemak, dan biji-bijian membantu tubuh tetap sehat.

Anda juga bisa membuat teh hangat dan menyejukkan, dan dalam beberapa kasus, herbal itu sendiri juga bisa bermanfaat meredakan kram pada perut.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar