Mahasiswi UI Meninggal Dunia Bunuh Diri Jelang Wisuda Hari Ini - Beritasatu

 

Mahasiswi UI Meninggal Dunia Bunuh Diri Jelang Wisuda Hari Ini

Sabtu, 11 Maret 2023 | 03:28 WIB
Oleh: Maria Fatima Bona / FFS

Ilustrasi Universitas Indonesia.
Ilustrasi Universitas Indonesia. (Foto: Antara)

Jakarta, Beritasatu.com – Upacara wisuda selalu menjadi ajang yang dinantikan semua mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan studinya. Sayangnya, momen wisuda ini tidak dapat dirasakan oleh MPD, mahasiswa program studi (Prodi) Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI) angkatan 2019.

Advertisement

MPD meninggal dunia karena bunuh diri pada Rabu (8/3/2023) atau tiga hari menjelang wisuda sarjana yang akan berlangsung pada Sabtu (11/3/2023).

Kepala Biro Humas dan KIP UI, Amelita Lusia membenarkan MPD merupakan calon wisudawati yang seharusnya menjalani prosesi wisuda, Sabtu (11/3/2023). Terkait meninggalnya MPD, UI menyampaikan ucapan duka cita mendalam.

Innalillahi wainnailaihi rojiun. Kami menyampaikan duka cita setulusnya dan mendalam atas kepergian ananda terkasih, mahasiswa kami MPD dari FISIP UI. Salah seorang warga dari sivitas akademika UI. Kami mendoakan yang terbaik baginya,” ucap Amelita saat dihubungi Beritasatu.com, Jumat (10/3/2023).

Advertisement

Muncul informasi yang menyebut MPD meninggal dunia karena bunuh diri. Saat dikonfirmasi mengenai kabar itu, pihak UI enggan memberikan informasi. Hal ini karena bukan kewenangan UI untuk menjelaskan penyebab dan motif tewasnya MPD.

“Maaf ya, untuk motif, bukan pada tempatnya untuk ditanyakan kepada kami. Semoga dapat dipahami, ya,” ucapnya.

Informasi yang didapat Beritasatu.com menyebutkan, MPD mengakhiri hidup dengan cara bunuh diri. Seorang mahasiswa UI yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa MPD bunuh diri dengan melompat dari apartemen tempat dia tinggal.

"Iya, ramai dibicarakan di kalangan kampus. Informasi di kalangan mahasiswa, yang bersangkutan bunuh diri dengan melompat dari apartemennya," ujar mahasiswa itu. Namun, dia tidak mengetahui secara pasti lokasi apartemen dan dari lantai berapa MDP melompat.

Mahasiswa itu juga menceritakan motif bunuh diri yang dilakukan MPD, yang santer terdengar di kalangan kampus UI. Menurutnya, MPD meninggal dunia karena kecewa dengan kedua orang tuanya yang telah berpisah.

"Jadi, menurut informasi, kedua orang tua MPD ini sudah berpisah. Dia lalu meminta keduanya menghadiri wisuda pada Sabtu besok (hari ini, Red), namun keduanya tidak ada yang bisa menghadiri wisuda. MPD pun kecewa hingga akhirnya bunuh diri," katanya.

Berdasarkan keterangan tertulis UI, ada 4.658 mahasiswa dari jenjang vokasi hingga program doktoral yang menjalani wisuda pada semester gasal tahun akademik 2022/2023, pada Jumat (10/3/2023) dan Sabtu (11/3/2023). Kali ini, wisuda dilakukan sepenuhnya tatap muka di Balairung, Kampus UI Depok.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Baca Juga

Komentar