Pekerjaaan APA alias Anastasya Pretya Amanda yang Dituding 'Pembisik' Mario Dandy Kasus Aniaya David - Tribunnews

 

Pekerjaaan APA alias Anastasya Pretya Amanda yang Dituding 'Pembisik' Mario Dandy Kasus Aniaya David - Halaman all

Laporan Wartawan Tribunsumsel.com, Thalia Amanda Putri

TRIBUNSUMSEL.COM - Sosok APA atau Anastasya Pretya Amanda yang disebut sebagai mantan pacar Mario Dandy kini menjadi sorotan usai dikaitkan dengan penganiayaan David.

Anastasya Pretya Amanda awalnya menjadi sorotan usai disebut sebagai mantan pacar Mario Dandy yang menjadi dalang kemarahan kepada David yang disebut melakukan hal tidak menyenangkan ke AGH.

Banyak yang penasaran apa pekerjaan APA atau kehidupannya sehari-hari.

Sosok Anastasya Pretya Amanda diduga merupakan seorang seleb TikTok dengan akun bernama @itsmepretya.

Hal tersebut terungkap setelah akun TikTok @alecyavebyyy mengunggah video bersama sosok APA.

Akan tetapi saat ditelusuri, akun TikTok @itsmepretya milik Anastasya Pretya Amanda sudah dihapus.

Tak sampai disitu saja, Anastasya Pretya Amanda diduga memiliki dua akun instagram yakni @amandapretyaa dan @__pretya yang dikunci.

Namun dirinya memiliki sebuah akun penggemar yang memperlihatkan potret dan video dari TikTok Anastasya Pretya Amanda.

Akun instagram @amandapretya.ofc diketahui sudah dibuat sejak Juli 2022 lalu dan memperlihatkan momen saat APA berkumpul bersama teman temannya.

Bahkan dalam suatu video, Anastasya Pretya Amanda terlihat sangat akrab dengan Selebgram Chandrika Chika seraya membuat video TikTok.

Selain itu diketahui juga ada sebuah akun instagram bernama @amandapretya yang juga mengunggah 6 potret dari APA.

Akan tetapi tak diketaui siapa pemilik aslinya lantaran hanya memiliki 18 pengikut di instagram tersebut.

Potret APA atau Anastasya Pretya Amanda (instagram/amandapretya.ofc)

Lebih jauh, meskipun disebut sebagai pemberi informasi terkait apa yang dilakukan oleh David kepada AGH hingga akhirnya terjadilah penganiayaan oleh Mario Dandy, sosok apa mengaku keberatan jika dilibatkan.

APA pun mengklaim dirinya tidak mengetahui rencana Mario Dandy Satriyo terhadap David.

Hal itu dikatakan Kuasa hukum Anastasya Pretya Amanda alias APA, Sumantap Simorangkir dalam keterangan tertulis, Minggu (12/3/2023).

Sumantap mengungkapkan APA tidak berada di lokasi penganiayaan Mario terhadap David di di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Senin (20/2/2023).

"Ataupun klien kami tidak mengetahui sama sekali adanya suatu perencanaan dan atau apapun itu tentang kejadian yang telah terjadi dan menjadi viral," jelas Sumantap dalam keterangan tertulisnya.

Sumantap menegaskan bahwa pihak manapun bisa melakukan pengecekan kembali rekaman CCTV sebagai bukti apakah kliennya itu terlibat langsung penganiayaan tersebut atau tidak.

"Yang padahal patut diketahui klien kami sama sekali tidak berada di tempat kejadian perkara (sebagai bukti mungkin bisa diperiksa hasil CCTV maupun saksi-saksi yang berada di tempat kejadian)," ucapnya.

Dalam kasus ini Amanda juga disebut Sumantap telah mendapat panggilan dari Polres Metro Jakarta Selatan dengan nomor register S.Pgl/349/II/2023/Reskrim tanggal Februari 2023.

Setelah surat panggilan itu, Amanda pun disebut juga telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Kamis 2 Maret 2023 lalu dan telah menjelaskan mengenai apa yang diketahui oleh kliennya.

"Sehingga dengan kehadiran dan diperiksanya klien kami menunjukkan sikap itikat baik dan kesediaan menerangkan sebagaimana selaku saksi menyampaikan keterangannya sebatas apa yang didengar, dilihat da diketahui saja, (Pasal 1 ayat 26 KUHP)," ujarnya.

Inilah tampang APA alias Anastasia Pretya Amanda yang terlibat dalam penganiayaan David hingga koma. (Tribunews/Ig/@amandapretya)

Sebelumnya, Sosok pemberi informasi pertama kali ke tersangka Marip Dandy Satriyo mengenai dugaan perbuatan tak baik dari korban David Ozora ke pelaku AG yakni wanita berinisial APA akhirnya buka suara.

Selain itu, terungkap juga nama lengkap wanita yang sejauh ini kerap disebut dengan inisial yakni memiliki nama lengkap Anastasya Pretya Amanda dan berusia 19 tahun.

"Terlebih dahulu perlu kami jelaskan bahwa kenapa baru sekarang waktunya bagi klien kami yang bernama Anastasia Pretya Amanda atau biasa disebut Amanda dan yang dalam setiap pemberitaan akhir-akhir disebut dengan nama inisial APA," ucap Kuasa hukum Amanda, Sumantap Simorangkir dalam keterangan tertulisnya, Minggu (12/3/2023).

Dalam keterangan yang diberikan itu juga, kuasa Sumantap membenarkan bahwa kliennya itu pernah merajut asmara dengan Mario Dandy pada Oktober 2021 lalu.

Namun satu tahun berselang yakni pada Oktober 2022, hubungan Amanda dan Mario dikatakan Sumantap telah kandas atau telah berakhir.

Fakta-fakta Penganiayaan David

Fakta baru penganiayaan yang dilakukan oleh Mario Dandy terhadap David ternyata mengungkap fakta baru.

Dalam rekonstruksi ternyata terungkap jika, saat kejadian Mario Dandy mengaku jika AGH bukanlah pacarnya melainkan adiknya.

Iapun diketahui memang mengajak Shane untuk menganiaya David.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya gelar rekonstruksi kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy terhadap David Ozora di Komplek Green Permata, Pesanggrahan, Jakarta Selatan pada Jumat (10/3/2023).

Dalam rekonstruksi tersebut, terungkap perkataan Mario Dandy yang menyebutkan bahwa AG bukan lah kekasihnya melainkan adiknya.

Hal itu didapati saat reka adegan ke-37 yang memperagakan orangtua teman David yakni saksi N, datang menghampiri Mario Dandy Cs usai melakukan penganiayaan.

Saat itu, saksi N terkejut ketika melihat David sudah tak sadarkan diri usai dianiaya secara brutal oleh Mario. 

"Jadi saksi N meminta anak AG untuk pahanya ditaruh di bawah tangan N dan di bawah ke kepala korban, tapi AG tidak mau hanya memberikan tangannya," kata penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya.

Saat itu juga, saksi N yang sedang memperagakan adegan menolong korban sempat menangis. 

Kemudian saksi N melakukan percakapan kepada para pelaku yang hanya melihat korban yang telah terkapar tanpa adanya niat untuk menolong. 

Kemudian, Mario mengatakan bahwa penganiayaan tersebut sebabkan oleh aksi pelecehan dengan dilakukan David terhadap AG yang dianggapnya sebagai adiknya. 

"Siapa kamu, kamu tamu tak diundang di sini, kamu apakan teman anak saya," kata saksi N saat menerangkan adegan menolong David. 

"Dia melecehkan adik saya tante," jawab Mario saat ditanyai maksud perbuatannya kepada saksi N.

Mario Dandy Ajak Shane Pukuli David

Dalam rekonstruksi penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy Cs terhadap David Ozora, terungkap sebuah fakta baru.  

Salah satunya, fakta bahwa Mario Dandy Satriyo sempat mengajak Shane Lukas untuk ikut menganiaya Critalino David Ozora.

Diketahui, rekonstruksi kasus penganiayan tersebut, digelar Polda Metro Jaya pada Jumat (10/3/2023) di Komplek Green Permata.

"Adegan ketiga penjemputan tersangka S," kata penyidik di lokasi.

Kendati demikian, penyidik tak menjelaskan secara rinci soal lokasi dari Shane Lukas dalam rekonstruksi tersebut.

Selanjutnya, saat sampai di kediaman Shane Lukas Mario Dandy pun langsung mengajak temannya itu untuk menghajar David.

"Lo ikut gue dong, gue mau mukulin orang. Nanti lo videoin aja," kata penyidik.

Di samping itu, fakta baru lainnya juga terungkap saat rekontruksi kasus penganiayaan David Ozora.

Yang mana, dalam rekonstruksi tersebut, penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya mengatakan kekasih Mario Dandy yakni AG sempat merokok di depan David Ozora yang saat itu tengah lakukan sikap tobat.

"Saat David Ozora melakukan sikap tobat, AG mengambil korek dan menyalakan rokok," kata penyidik. 

Rekonstruksi tiga tahap

Pihak kepolisian menggelar rekonstruksi kasus penganiayaan yang dilakukan Mario Dandy terhadap David Ozora, Jumat (10/3/2023).

Rekonstruksi itu dibagi menjadi tiga babak (klaster).

Tiga babak rekonstruksi akan dilakukan mulai dari Mario Dandy menjemput AG di sekolahnya, hingga proses evakuasi David Ozora usai mendapatkan tindak penganiayaan.

"Rekonstruksi dilakukan dalam tiga klaster," kata Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Hengki Haryadi di TKP penganiayaan di kawasan Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Jumat (10/3/2023).

Di sisi lain, salah seorang penyidik Subdit Renakta Ditreskrimum Polda Metro Jaya menjelaskan bahwa klaster pertama bakal memperagakan awal perencanaan penganiayaan.

"Nanti pada saat melakukan rekonstruksi di TKP, yang pertama akan kami peragakan adalah adegan mulai adanya rencana pertemuan dari tersangka MBS dan anak AG," katanya.

"Sesuai dari hasil BAP itu dijemput di sekolah," ujarnya.

Kemudian, rekonstruksi bakal menampilkan adegan Mario dan kekasihnya, AG, yang menemui tersangka Shane Lukas.

Ketiganya akan memperagakan perjalanan menuju lokasi David.

"Nanti ada adegan berikutnya saat mendatangi rumah saksi dimana di dalamnya ada korban, itu ada adegan. Setelah dari sana nenuju TKP tempat terjadinya penganiaya tersebut," jelasnya.

Terakhir, ditutup dengan adegan David telah tergeletak usai dianiaya Mario. Kemudian, para saksi memberikan pertolongan ke David.

"Terakhir nanti ditutup dengan evakuasi yang dilakukan oleh saksi-saksi menuju rumah sakit," ungkapnya

Diketahui sebelumnya, rombongan Polda Metro Jaya tampak tiba sekira pukul 13.20 WIB.

Dalam persiapan rekonstruksi tersebut, tampak mobil Jeep Rubicon yang sempat dikemudikan oleh tersangka Mario Dandy turut dipamerkan di lokasi.

Mobil Rubicon tersebut tampak dipasangi garis polisi. Beberapa orang polisi terlihat berjaga di sekitar mobil tersebut.

Awak media yang meliput di lokasi hanya diperkenankan mendekat sekitar 100 meter dari titik rekonstruksi. 

Aparat kepolisian mencegah agar para wartawan tidak mendekat ke tempat kejadian perkara (TKP).

Warga kompleks Green Permata terpantau ramai-ramai ikut menonton rekonstruksi di lokasi. 

Hingga kini, belum tampak Mario Dandy dan tersangka Shane Lukas di lokasi rekonstruksi.

Hujan deras tampak mengguyur kawasan Green Permata.

Meski demikian, rekonstruksi kasus penganiayaan David tetap dilanjutkan.

Tampak pula Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Edwin Partogi beserta rombongan hadir di lokasi.

Baca juga berita lainnya di Google News

Tags:

Baca Juga

Komentar