Perang Memanas, Rudal Ukraina Tembak Jatuh Jet Bomber Rusia di Bakhmut - CNN Indonesia

 

Perang Memanas, Rudal Ukraina Tembak Jatuh Jet Bomber Rusia di Bakhmut

CNN Indonesia
3-3 minutes
Rabu, 29 Mar 2023 19:22 WIB

Unit pasukan rudal anti-pesawat Ukraina menembak jatuh jet tempur pengebom Su-24M Rusia di dekat kota timur Bakhmut pada Rabu (29/3).

Unit pasukan rudal anti-pesawat Ukraina menembak jatuh jet tempur pengebom Su-24M Rusia di dekat kota timur Bakhmut pada Rabu (29/3). (REUTERS/STRINGER)

Jakarta, CNN Indonesia --

Unit pasukan rudal anti-pesawat Ukraina menembak jatuh jet tempur pengebom Su-24M Rusia di dekat kota timur Bakhmut pada Rabu (29/3).

Kementerian Pertahanan Ukraina menuturkan jet tempur Rusia tersebut hancur sekitar pukul 13.30 waktu setempat. Namun, CNN tidak dapat memverifikasi klaim tersebut secara independen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Laporan itu muncul saat Wakil Menhan Ukraina, Hanna Maliar, mengatakan negaranya akan memperjuangkan Bakhmut "selama kita membutuhkannya terkait tugas pertahanan."

"Kami membela Bakhmut dengan sepenuh hati seperti wilayah lainnya. Penggunaan kekuatan dan sarana ditentukan bukan oleh kepentingan politik, tetapi oleh sumber daya yang dibutuhkan untuk mengusir musuh dan melakukan misi tempur di daerah ini," ucap Maliar di Telegram seperti dikutip CNN.

Maliar mengatakan pertempuran di Bakhmut bukan lah "kiamat".

Bakhmut telah menjadi titik pertempuran Rusia vs Ukraina selama beberapa bulan terakhir. Kota industri di timur Ukraina itu telah menjadi target Rusia sejak lama namun terkendala perlawanan pasukan Ukraina yang sengit.

Menurut pemerintah Moskow dengan menguasai Bakhmut, Rusia akan lebih mudah merebut seluruh kawasan industri di Donbas dan perbatasannya. Namun, pandangan tersebut berbeda dari pendapat sejumlah pengamat Barat.

Selain itu, Bakhmut berada di lokasi yang strategis. Jika pasukan Rusia berhasil menguasai kota ini, mereka bisa melancarkan serangan artileri ke tempat penting seperti Kramatorsk dan Slovyansk.

Saat ini, pasukan Rusia dilaporkan mengontrol akses ke Bakhmut dan kota terdekat lain seperti Avdiivka dari tiga sisi.

(rds)

Saksikan Video di Bawah Ini:

VIDEO: Dentang Lonceng Gereja di Kyiv Peringati Setahun Invasi Rusia

Baca Juga

Komentar