Pilihan

Warga Luar Datangi Lokasi Kebakaran Plumpang, Ada yang Ngonten dan Donasi - Beritasatu

 

Warga Luar Datangi Lokasi Kebakaran Plumpang, Ada yang Ngonten dan Donasi

Minggu, 5 Maret 2023 | 20:14 WIB
Oleh: Sella Rizky / FMB

Lokasi kebakaran di permukiman padat samping Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, jadi tempat wisata dadakan. Ratusan warga dari luar kawasan itu berdatangan untuk melihat dan berswafoto, sejak Sabtu (4/3/2023) petang.
Lokasi kebakaran di permukiman padat samping Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara, jadi tempat wisata dadakan. Ratusan warga dari luar kawasan itu berdatangan untuk melihat dan berswafoto, sejak Sabtu (4/3/2023) petang. (Foto: Beritasatu.com/Taufik Hidayat)

Jakarta, Beritasatu.com - Lokasi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Koja, Jakarta Utara ramai dikunjungi warga luar lokasi terdampak. Beberapa dari mereka penasaran ingin mengetahui kondisi lokasi pascamusibah kebakaran yang terjadi Jumat (3/3/2023) lalu.

Advertisement

Nampak beberapa warga bukan korban ingin melihat lokasi Tempat Kejadian Perkara (TKP), ada juga yang membuat konten untuk media sosial mereka, dan ada juga yang bertemu dengan para korban untuk menyalurkan bantuan.

Salah seorang warga bukan korban, Sri Mulyani, mengatakan tujuan kedatangannya hanya untuk meninjau lokasi kebakaran. Ia mengaku prihatin atas musibah yang dialami warga sekitar.

“Kita turut prihatin dengan kejadian-kejadian yang ada di sini. Kita sebagai pengurus dari forum RT RW sangat prihatin semoga dari pemerintah atau stakeholder yang lain cepat untuk menangani semuanya,” ucap Sri Mulyani kepada jurnalis BTV di Jalan Tanah Merah Bawah, RT 12 RW 09, Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kecamatan Koja, Jakarta Utara, Minggu (5/3/2023).

Advertisement

Sebagai anggota forum RT RW Jakarta Utara, pihaknya telah mendistribusikan sejumlah bantuan logistik kepada warga terdampak. “Kemudian ada sedikit sembako walaupun belum maksimal karena keadaannya masih semrawut. Insyaallah kita akan lanjutkan dengan kebutuhan-kebutuhan yang sangat urgent (penting) buat ibu-ibu dan anak-anak balita”.

Indra, yang juga warga bukan terdampak kebakaran, menyampaikan tujuannya ke lokasi untuk melihat keadaan rumah kerabatnya yang telah habis dilahap si jago merah. Indra pun telah mengumpulkan donasi untuk membantu warga terdampak.

“Kemarin ada teman juga yang kebetulan tinggal di sini, dari keadaan rumah, mobil semuanya habis. Kalau teman saya Alhamdulillah sehat, cuma kalau rumah habis semua. Saat ini, ia ada di pengungsian pos RW 1,” ujar Indra.

Lain halnya dengan Asni yang baru datang ke lokasi. Dia mengungkapkan tujuan meninjau lokasi untuk mengetahui bantuan apa saja yang masih dibutuhkan para warga terdampak. Sebab, Asni bersama warga tempat tinggalnya berencana memberikan bantuan tersebut pada Rabu (8/3/2023) mendatang.

“Kemungkinan insyaallah, kita hari Rabu membawa langsung bantuan-bantuannya. Kita mengadakan sumbangan di setiap RT itu, kita ke rumah-rumah untuk memberikan donasi seikhlasnya aja, bantuan yang diberikan nanti tidak hanya logistik saja,” kata Asni.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis tidak dikelola oleh kami)

Antarkabarid

Arenanews

Antaranews

Berbagi Informasi

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsi Informasi

Opsitek