40 Bus Mudik Gratis Terancam Sia-sia, Ini Biang Keroknya - CNBC Indonesia

 

40 Bus Mudik Gratis Terancam Sia-sia, Ini Biang Keroknya

Ferry Sandi
4-5 minutesMenteri Perhubungan Menghadiri Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023, di Plataran Monas Pada (18/04/2023). (Dok. dephub)

Foto: Menteri Perhubungan Menghadiri Mudik Gratis Polri Presisi Tahun 2023, di Plataran Monas Pada (18/04/2023). (Dok. dephub)

Jakarta, CNBC Indonesia - Program mudik gratis yang digelar pemerintah terancam sia-sia. Pasalnya, ada puluhan bus yang jadi kemungkinan tak dimanfaatkan untuk angkutan mudik gratis untuk Lebaran tahun ini.

Di tahun ini, Kemenhub menyediakan 24.072 kursi kuota mudik yang terdiri 18.528 untuk mudik Lebaran 2023 (459 bus) dan 5.544 orang untuk arus balik (126 bus). Sehingga total ada 585 bus disiapkan untuk program mudik gratis di tahun ini.

Memang, pemberangkatan pemudik sudah dilakukan sejak hari Sabtu (15/4/2023) kemarin. Namun kemudian terungkap, banyak masyarakat yang hanya mendaftar ikut program mudik gratis, tapi tidak benar-benar memanfaatkan kuota yang diberikan.

"Kami saat ini sudah melaksanakan verifikasi dan ada kurang lebih 1.600 yang mendaftar di beberapa lokasi. Kami bisa mengetahui siapa saja yang coba-coba iseng, bukan serius," ujar Direktur Angkutan Jalan Kemenhub Suharto dalam Bincang Santai Jelang Berbuka 2023 'Mudik Aman dan Nyaman dengan Cashless' secara virtual, dikutip Selasa (17/4/2023).

Akibat banyak masyarakat yang mendaftar di sejumlah instansi membuat kuota bus yang ada menjadi sia-sia. Total ada 40 armada bus untuk angkutan mudik gratis tidak digunakan. Padahal sudah siap beroperasi karena sudah terdaftar.

Hal ini bisa terlihat dari aplikasi Mitra Darat.

"Hasilnya, dari 1.600 pendaftar mudik gratis, baru 350 yang konfirmasi untuk ikut program Mudik Gratis dari Kemenhub, ada beberapa juga yang ikut di program Kementerian/Lembaga lain, seperti Jasa Raharja, sisanya kami anggap tidak serius karena tidak beri konfirmasi," sebut Suharto.

Karena itu, ujarnya, masyarakat yang mendaftar program mudik gratis harus melakukan verifikasi. Jika tidak, Kemenhub menggugurkan kepesertaannya dan dialihkan kepada calon peserta mudik lainnya.

"Yang tidak mendaftar (ulang) kami anggap tidak serius dan kami hapus, lalu kami buka lagi untuk memberi kesempatan masyarakat yang membutuhkan," ujar Suharto.

Adapun tujuan adanya mudik gratis adalah mengurangi pemudik motor. Di mana, tahun ini diprediksi bakal ada 25,13 juta orang yang berencana mudik menggunakan motor. 

Dampak banyaknya pemudik bersepeda motor ini, selain berpotensi menyebabkan kemacetan lalu lintas di ruas-ruas jalan non-tol, juga rentan terjadi kecelakaan lalu lintas. Terlebih, tidak sedikit pemudik bersepeda motor membawa serta anak-anaknya, bahkan yang masih balita.

"Mudik dengan sepeda motor karena berpotensi meningkatkan angka kecelakaan lalu lintas," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno.


Saksikan video di bawah ini:

'Ledakan' Pemudik Mobil Pribadi 2023, Infrastruktur Aman?

Artikel Selanjutnya

Perhatian! Harga Tiket Pesawat Naik, Mudik JKT-Jogja Sejuta


(dce)

SHARE :

Baca Juga

Komentar