5 Tips Merawat Mobil Sebelum Berangkat Mudik Lebaran 2023 By BeritaSatu

 

5 Tips Merawat Mobil Sebelum Berangkat Mudik Lebaran 2023

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
April 11, 2023
Beberapa tips merawat mobil sebelum berangkat mudik lebaran 2023
Beberapa tips merawat mobil sebelum berangkat mudik lebaran 2023

Jakarta, Beritasatu.com - Momen lebaran yang identik dengan tradisi mudik akan datang dalam beberapa hari lagi. Ini mengharuskan para pemudik untuk kembali memeriksa kondisi kendaraannya untuk memastikan perjalanan mudik yang dilakukan bersama dengan keluarga berjalan aman dan nyaman tanpa ada kendala sedikitpun. Ini tips merawat mobil sebelum berangkat mudik lebaran 2023.

Selain keadaan fisik dari para pemudik, kondisi dari kendaraan juga menjadi bagian terpenting yang harus diperhatikan sebelum menjalani perjalanan jauh menuju kampung halaman.

Dengan merawat mobil sebelum mudik bisa mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa tindakan preventif ini juga merupakan bagian dari perawatan yang seharusnya dilakukan rutin bukan hanya saat mudik saja.

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat mobil sebelum berangkat mudik lebaran 2023 agar nyaman berkendara dengan kondisi mobil yang prima.

Tips Merawat Mobil Sebelum Berangkat Mudik

1. Mengecek Kondisi Mesin

Pengecekan kondisi mesin mobil merupakan langkah pertama yang harus dilakukan sebelum para pengendara melakukan perjalanan ratusan kilometer menuju kampung halaman bersama keluarga.

Pengecekan kondisi mesin dapat dilakukan di bengkel, ataupun dilakukan secara mandiri dengan cara mendengarkan suara mesin dan mencoba melakukan test drive untuk mengukur sejauh mana kesiapan mesin dari kendaraan kita untuk dipakai perjalanan jarak jauh.

Selain itu, merawat mesin mobil sebelum menjalani perjalanan jarak jauh juga bisa dilakukan dengan mengganti oli mesin secara berkala agar suara mesin tetap halus, serta tenaga dan tarikan mobil berada dalam kondisi prima ketika dilakukan perjalanan jarak jauh.

2. Mengecek Kondisi Kelistrikan

Mengecek kondisi kelistrikan merupakan cara merawat kendaraan kita agar terhindar dari korsleting akibat adanya kerusakan pada aliran listrik yang bisa saja menimbulkan kebakaran, serta selalu mempersiapkan kendaraan kita untuk selalu dalam kondisi prima dan selalu siap dipakai apabila dibutuhkan.

Kondisi kelistrikan sendiri merupakan salah satu inti dari mobil yang bisa mempengaruhi kinerja-kinerja pendukung lainnya seperti wiper, lampu, klakson dan starter yang dapat menunjang kelancaran perjalanan mudik kita.

3. Memeriksa Air Radiator

Memeriksa air radiator adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengantisipasi ditengah perjalanan nanti air radiator dari kendaraan kita habis sehingga berefek pada mesin dari kendaraan kita yang menjadi overheat.

Pemeriksaan air radiator ini menjadi bagian yang penting juga karena apabila kendaraan yang kita gunakan mengalami overheat karena kehabisan air radiator, akan mengakibatkan mobil kita tidak bisa dinyalakan dan mengharuskan kita menunggu kondisi mesin menjadi lebih dingin terlebih dahulu.

Selain itu, apabila kondisi air radiator sudah menipis, akan mempengaruhi kinerja mesin dan membuatnya lebih cepat rusak karena terus menerus mengalami overheat pada bagian mesin.

4. Memeriksa Bagian Ban dan Kaki-Kaki Mobil

Memeriksa ban dan kaki-kaki mobil bertujuan untuk memastikan keamanan dari penggunaan mobil untuk melewati medan yang kurang bagus untuk mencapai kampung halaman.

Ban yang sudah tipis dan gundul ada baiknya diganti terlebih dahulu sebelum digunakan perjalanan mudik menuju kampung halaman demi menghindari kondisi selip apabila mobil melewati medan yang licin.

Selain ban, kaki-kaki mobil juga harus diperiksa terlebih dahulu agar ketika mobil melewati jalan yang kurang bagus, kaki-kakinya kuat dan tidak mengeluarkan suara gemuruh yang menandakan kondisi dari kaki-kaki tersebut kurang baik.

5. Memanaskan Mesin Kendaraan

Memanaskan mesin mobil dapat dilakukan setiap hari, atau minimal dilakukan seminggu dua kali untuk menjaga bagian-bagian yang ada di dalam mesin agar tetap terlumasi dan terhindar dari kondisi keropos.

Selain itu, akibat dari mobil yang jarang untuk dipanaskan adalah sulitnya mobil untuk dinyalakan dan akan berpengaruh pada bagian-bagian lainnya, termasuk juga berpengaruh ke dalam kinerja mesin.

Demikian informasi terkait tips merawat mobil sebelum berangkat mudik yang bisa dijalankan agar perjalanan menuju kampung halaman bisa berjalan dengan lancar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

URL berhasil di salin.

Baca Juga

Komentar